1000 Lebih Bibit Pohon Hijaukan Pantai Bopong

tanam-pohon-400x241SUARAMERDEKA.COM (5/3/2017) | Seribu lebih bibit pohon dari berbagai jenis ditanam di kawasan Pantai Bopong, Kecamatan Puring, Kebumen, Minggu (5/3). Penghijauan yang digagas oleh B’NB Community itu mendapat dukungan dari Perhutani KPH Kedu Selatan dan Pemkab Kebumen.

Bibit pohon yang ditanam di kawasan tersebut antara lain tanaman perindang. Seperti bibit damar 100 batang, akasia 430 batang, mahoni 100 batang. Selain itu juga ditanam berbagai jenis bibit pohon buah-buahan antara lain durian 140 batang, kelengkeng 60 batang, manggis hingga jambu air.

Bibit pohon tersebut ditanam di kawasan Bantai Popong hingga Laguna Bopong oleh anggota komunitas B’NB atau komunitas bernyanyi sambil berinfak yang beranggotakan ibu-ibu. Mereka dibantu oleh anggota Karangtaruna Desa Surorejan yang dipimpin kepala Desa Surorejan, Sarwono.

Ketua Komunitas B’NB Hj Sri Suratmi (61) menyampaikan, aksi penghijauan yang bertajuk: Indahnya Melestarikan Lingkungan Hidup, Puring Ijo Royo-royo tersebut dalam rangka menghijaukan kawasan pantai Bopong. Saat ini kondisi pantai yang dirintis oleh pemerintah desa setempat menjadi objek wisata tersebut, sebagian masih gersang. Sehingga suasana sangat panas.

“Lebih dari itu, kami ingin memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup,” ujar Sri Suratmi kepada Suara Merdeka di sela-sela
penamaman.

Di sela-sela penanaman, pihaknya juga memberikan pembelajaran kepada anak-anak Pramuka yang mengikuti acara tersebut untuk peduli lingkungan sejak dini. Harapannya dengan memiliki kesadaran menjaga lingkungan sejak usia dini, saat mereka dewasa akan benar-benar bisa berkontribusi untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Dengan melibatkan masyarakat desa, kami berharap tumbuh rasa memiliki sehingga dapat merawat bibit pohon yang ditanam,” imbuhnya.

Aksi penghijauan yang dilakukan oleh komunitas B’NB bukan yang pertama kali. Sebelumnya digelar aksi penghijauan di Desa Klopogodo, Kecamatan Gombong. Sebelumnya juga digelar penghijauan di kawasan hulu Waduk Sempor, di Pantai Logending, dan Pantai Suwuk.

“Kami melakukan apa yang kami bisa. Yang penting bermanfaat bagi sesama,” imbuhnya. (Supriyanto/CN40/SM Network)

Sumber: suaramerdeka.com

Tanggal: 5 Maret 2017