"Loading..."

12 LMDH Terima Bagi Hasil dari Perhutani

Sebanyak 12 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dari Kecamatan Tenjo, Parung Panjang dan Jasinga Kabupaten Bogor menerima bagi hasil dari Perum Perhutani KPH Bogor di Aula Kantor Perum Perhutani, Selasa (17/1). Penyerahan bagi hasil produksi kayu sebesar Rp 171,3 juta ini didapat dari lokasi perjanjian kerjasama Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) di wilayah Kabupaten Bogor. Penyerahan secara simbolis dilakukan langsung oleh Bupati Bogor Rachmat Yasin (RY).

Dalam sambutannya RY mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengelola hutan yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. “Manfaatkanlah hutan tanpa merubah fungsi hutan itu sendiri, dengan memelihara hutan maka kita turut menyelamatkan bumi dari kehancuran, sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan,” katanya.

Politisi PPP ini juga berterima kasih kepada Perum Perhutani dan masyarakat yang telah menjalin kerjasama dengan baik dalam mengelola hutan. “Ini merupakan kerjasama yang baik antara Perhutani dan masyarakat, kerjasama ini juga sangat bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu saya sangat berterima kasih kepada Perum Perhutani yang telah melakukan kemitraan dengan masyarakat Kabupaten Bogor dalam mengelola hutan, serta kepada masyarakat yang telah membuat LMDH hingga dapat terjadinya kemitraan yang sangat bermanfaat ini,” papamya.

Ditemui ditempat yang sama, Kepala Perhutani KPH Bogor Ir. Asep Rusnandar, MM mengatakan, pihaknya saat ini ma sih sangat membutuhkan dukungan Pemerintah Kabupaten Bogor dalam menjalankan Program pengelolaan hutan bersama masyarakat ini.

“Kami masih sangat membutuhkan dukungan dari Pemkab Bogor dalam menjalankan program ini,” pungkasnya. Dia berharap, kedepannya masyarakat dapat lebih bijak lagi dalam memanfaatkan kawasan hutan dan lebih aktif lagi dalam upaya menjaga kelestarian hutan. (ugi)

PELITA :: 18 Januari 2012.Hal.9

Share:
[addtoany]