"Loading..."

38 BUMN Raih Website BUMN Terbaik Versi Beritasatu.com

beritasatuokJakarta – Sebanyak 38 situs BUMN dinobatkan sebagai website BUMN terbaik versi Beritasatu.com dalam acara Web BUMN Awards 2013.

Ketua Dewan Juri, Muhammad Said Didu mengatakan penentuan pemenang dilakukan melalui beberapa proses seleksi. Menurutnya seleksi awal dilakukan terhadap Website BUMN yang terindeks oleh mesin pencarian google, ia mengatakan dari 140 BUMN yang ada di Indonesia, 126 website BUMN berhasil teridentifikasi oleh Google.

Said mengatakan dari jumlah tersebut kemudian dilakukan beberapa seleksi yakni website harus masuk dalam peringkat Alexa Indonesia melakukan update informasi selambatnya pada 1 Januari 2013 dan mencatat Technical Error di bawah 150.

“Hasilnya sebanyak 38 situs BUMN dinyatakan masuk nominasi untuk meraih penghargaan,” ujar dia dalam acara ” Penganugerahan Web BUMN Awards 2013″ di Hotel Arya Duta, Jakarta, Senin (10/6)

Dalam Kesempatan yang sama, Pemimpin Redaksi Beritasatu.com Primus Dorimulu mengatakan pemberian penghargaan ini diharapkan menjadi pendorong bagi BUMN di Indonesia untuk menjadikan website sebagai sarana utama dalam melakukan promosi sekaligus sebagai sarana transaksi.

Dia mengatakan BUMN merupakan aset nasional, menurutnya kinerja BUMN yang baik tercermin pada tampilan dan pengelolaan website yang bagus sebagai media komunikasi dan transaksi bagi stakeholders.

“Teknologi dan Informasi terus berkembang dan website merupakan media komunikasi dan transaksi yang sangat efektif, BUMN harus memanfaatkan website seoptimal mungkin,” ujar dia

Di samping itu, Staf Ahli Kementerian BUMN Bagus Rumbogo menjelaskan saat ini jumlah BUMN yang ada di Indonesia berjumlah 140 BUMN, menurutnya BUMN tersebut bergerak di berbagai macam sektor seperti perkebunan, keuangan, dan infrastruktur. Dia mengatakan agar bisa meningkatkan daya saing maka BUMN tersebut harus memanfaatkan teknologi khususnya dalam penggunaan website.

Bagus mengatakan website merupakan solusi terbaik tidak hanya dalam peningkatan daya saing tetapi juga bisa meningkatkan kinerja BUMN, ia menjelaskan website BUMN tentunya harus bersifat akuntabel, akurat dan auditable sehingga bisa menambah value added perusahaan. Diakuinya jika sudah mempunyai value added maka akan berdampak kepada pengunjungwebsite dimana para pengunjung akan datang dan melakukan transaksi dengan perusahaan.

“Kami mendukung sekali acara award ini, karena website merupakan sarana alternatif bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja,” ujar dia

 Pilihan Pembaca

Para pembaca Beritasatu.com juga diberi kesempatan memilih website BUMN terbaik versi mereka berdasarkan empat kategori yakni website BUMN sektor konstruksi, sektor energi, pertambangan dan SDA, sektor logistik dan transportasi serta sektor keuangan.

Polling website BUMN terbaik pilihan pembaca Beritasatu.com dimulai pada senin 8 April dan ditutup Minggu 5 Mei 2013 sebanyak 251.273 pembaca berpartisipasi dalam polling yang digelar selama hampir sebulan.

Hasilnya, PT. Waskita Karya terpilih sebagai pemenang untuk sektor konstruksi dengan dukungan 51% pembaca, PT. Timah Tbk menjadi pemenang untuk sektor energi, pertambangan dan SDA, dengan dukungan 32%, PT. Kereta Api Indonesia sebagai pemenang sektor logistik dan transportasi dengan dukungan 53% serta PT. BRI meraih penghargaan di sektor keuangan yang dipilih 22% pembaca.

Direktur Utama PT. Pelindo II RJ Lino mengatakan pihaknya sangat mendukung acara acara penghargaan seperti ini apalagi penghargaan yang diberikan kepada website BUMN. Dia mengatakan peran website dalam mendukung kinerja perusahaan sangatlah besar maka dari itu PT. Pelindo II akan terus meningkatkan kinerja websitenya agar terus menjadi yang terbaik.

  Daftar Pemenang 38 Website BUMN terbaik adalah :

1. Perum Perhutani
2. Perum Bulog
3. Perum Damri
4. Perum LRBN Antara
5. Perum Adri Karya
6. PT. Asuransi Ekspor Indonesia
7. PT. Asuransi Jasa Indonesia
8. PT. Asuransi Jasa Raharja
9. PT. Jiwasraya
10. PT. Asuransi Kesehatan Indonesia
11. PT. Bank Mandiri
12. PT. Bank Negara Indonesia
13. PT. Bank Rakyat Indonesia
14. PT. Danareksa
15. PT. Garuda Indonesia
16. PT. Hutama Karya
17. PT. Jasa Marga
18. PT. Kereta Api Indonesia
19. PT. Merpati Nusantara
20. PT. Nindya Karya
21. PT. PAL indonesia
22. PT. Pegadaian
23. PT. Pelindo I
24. PT. Pelindo II
25. PT. Pelindo III
26. PT. Pelindo IV
27. PT Pembangunan Perumahan
28. PT. PNM
29. PT. Pertamina
30. PT. Perusahaan Gas Negara
31. PT. PLN
32. PT. Pos Indonesia
33. PT. Semen Indonesia
34. PT. Tambang Batubara Bukit Asam
35. PT. Telkom
36. PT. Timah
37. PT. Waskita Karya
38. PT. Wijaya Karya

Selain itu, penghargaan website BUMN terbaik kategori transaksional adalah PT. Bank Mandiri, PT Garuda Indonesia, PT Kereta Api Indonesia, sedangkan kategori komunikasi diberikan kepada PT. Pelabuhan Indonesia III, PT. Pertamina, PT. Wijaya Karya, PT. Perusahaan Gas Negara dan PT. Tambang Batubara Bukit Asam.

Di samping itu, penghargaan website BUMN terinovatif diberikan kepada PT. Kereta Api Indonesia dan pionir website BUMN PT. Pegadaian.

Penulis: DHO/FMB

Sumber  :  beritasatu.com

Tanggal  : 10 Juni 2013

Share:
[addtoany]