"Loading..."

7 BUMN TERLIBAT RANU PANE BERSIH

Sebanyak 7 BUMN yang berlokasi di Jawa Timur mengadakan kegiatan sosial bertajuk ‘Ranu Pane Bersih’. Kegiatan yang menggandeng media massa tersebut bertujuan untuk membersihkan wilayah Ranu Pane dan pemberdayaan masyarakat yang menetap di wilayah sekitar. Tujuh BUMN yang bersinergi dalam kegiatan yang berlangsung pada 6 april 2012 itu adalah PTPN X, PTPN XI, PTPN XII, PT Petrokimia, Bank Mandiri, Perum Perhutani, dan PT. Pelindo III. Dari tujuh BUMN yang terlibat, terkumpul dana mencapai Rp150 juta.

Ketua PKBL PTPN X sekaligus pemrakarsa program, Wasis Pramono mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan 500 orang peserta yang terdiri dari 300 orang sukarelawan yang berasal dari lima kota dan 200 penduduk setempat. Menurutnya, air yang terdapat di area Ranu Pane menjadi dasar terbentuknya konsep ‘Ranu Pane Bersih’. “Air yang kita konsumsi saat ini untuk kegiatan sehari hari salah satunya berasal dari mata air Ranu Pane, jika Ranu Pane airnya hilang, kotor, atau tercemar, otomatis kita juga akan terkena dampaknya,” ungkap Wasis

Tidak hanya sekadar bersih bersih, lanjut dia, kegiatan yang berlangsung hah itu antara lain berupa bersih bersih danau, penghijauan di areal sekitar danau, serta pemberdayaan penduduk sekitar berupa pelatihan pembibitan pohon dan budidaya ikan. Ketiga kegiatan ini dilakukan mengingat pencemaran Ranu Pane bukan hanya berasal dari alam, tetapi juga dari limbah rumah tangga masyarakat sekitar. “Kita berharap agar penduduk disana yang berjumlah sekitar 99 kepala keluarga tidak Iagi menebang pohon, bahkan bisa menyiapkan bibit,” imbuhnya. d”
Teks: Evi Herawati

MAJALAH BUMN TRACK :: 10 Mei 2012, Hal. 106

Share:
[addtoany]