"Loading..."

Adang Suptandar Ingin Perhutani dan Pemkab Bogor Bisa Jalan Bareng Kelola Wisata Panorama Pabangbon

pabangbon_20170205_180411TRIBUNNEWS.COM (5/2/2017) | Keberadaan objek wisata baru di kampung wisata, Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor menarik perhatian Sekda Kabupaten Bogor, Adang Suptandar.

Adang yang datang bersama rombongan club motor crossnya itu pun langsung berfoto selfie ditepi jurang yang berada di kawasan Kampung Wisata Panorama Pabangbon, Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Saat pria berusia 57 tahun itu mengeluarkan gadgetnya, teman-temannya pun langsung memfokuskan matanya ke arah ponselnya.

“Hayo liat ke kamera saya semua, kita foto dulu,” teriak Adang memanggil teman serombongannya.

Menurutnya, objek wisata Panorama Pabangbon ini kental dengan susana pedesaan serta kondisi alam yang masih sangat asri.

Kendati demikian, Adang menyarankan agar lokasi wisata yang berada di lahan milik Perhutani ini bisa menjalin kerjasama dengan PT Sayaga Wisata untuk mempromosikannya.

Terlebih, saat ini promosi yang dilakukan baru sekedar mulut kemulut saja ataupun wisatawan yang memposting fotonya ke media sosial.

“Harus ada kerjasama, karena untuk dikembangkan lagi pasti butuh modal besar. Tujuannya agar semua kebutuhan wisatawan yang datang ke Panorama Pabangbon bisa terpenuhi dan bisa lebih dikenal masyarakat,” ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Minggu (5/2/2017).

Camat Leuwiliang, Chairuka mengatakan, kampung wisata Panorama Pabangbon ini berada diatas ketinggian 720 meter di atas permukaan laut.

Objek wisata ini, sambung dia, dikelilingi hutan pinus dan hutan penelitian meranti sehingga bisa juga dimanfaatkan untuk edukasi bagi masyarakat.

“Kalau lagi nggak ada kabut, Kota Jakarta itu dengan gedung tingginya bisa terlihat dari sini,” ujarnya saat ditemui TribunnewsBogor.com.

Tak hanya itu, di lokasi wisata yang dibangun atas swadaya masyarakat sekitar itu juga memiliki rumah pohon yang bisa digunakan untuk berfoto selfie.

“Paling banyak tiga orang bisa masuk dan foto selfie disana,” kata dia.

Dia berharap, keberadaan Kampung Wisata Panorama Pabangbon ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Kami tidak sediakan hotel seperti ditempat lain, tapi kalau ada wisatawan yang mau menginap bisa di rumah-rumah warga, sehingga suasana perkampungan akan lebih terasa,” tukasnya.

Objek wisata menyajikan pemandangan alam pegunungan dan hutan pinus ini berlokasi di Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Sumber: tribunnews.com

Tanggal: 5 Februari 2017