"Loading..."

Aksi Bersama Menaman Pohon

2014-11-28-Bdo-AKSI BERSAMA MENAMAN POHON-web

Dok.Kom-PHT/Bdo @2014

BONDOWOSO, PERHUTANI (29/11) – Ada kegembiraan tatkala memasuki areal lapangan tembak Batalyon Infanteri 514/R (Yonif 514/R) di Gunung Ardisaeng bagian kaki Gunung Argopuro lokasi diselenggarakannya aksi menanam pohon dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Tahun 2014.

Acara yang diselenggarakan oleh rimbawan di lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sampean Bondowoso dihadiri Administratur Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Perhutani Bondowoso, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Komandan Yonif 514/R, anak-anak Pramuka beserta undangan lainnya.

Administratur Perhutani Bondowoso, Damanhuri, didampingi relawan pendamping LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan), Untung Sutrisno menyatakan bahwa sudah menjadi kewajiban masyarakat untuk turut menghijaukan kawasan hutan demi keberlanjutan kehidupan.
Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur , Gatot Soebektiono tentang pentingnya keberadaan hutan sebagai penyangga kehidupan sesuai dengan tema HMPI ke-VII Tahun 2014 “Hutan Lestari Menunjang Kedaulatan Pangan, Air dan Energi Terbarukan”.

Pada kesempatan itu pula, hal menarik disampaikan oleh Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Sampean, Sukandar, bahwa untuk mendukung aksi menanam 1 milyar pohon, Kebun Pembibitan BPDAS Bondowoso menyediakan secara gratis 1 juta aneka bibit tanaman kayu dan buah-buahan siap tanam.

Bagi lembaga pemerintah, LMDH dan masyarakat bisa mengakses bantuan bibit secara cuma-cuma. Hal ini dilakukan sebagai upaya konservasi baik di dalam maupun luar kawasan sehingga terpeliharanya ekologi, lestarinya alam dan kesejahteraan rakyat dapat terwujud. (Kom-PHT/Bdo/ Veni).

Editor  : Dadang K Rizal

@copyright 2014

Share:
[addtoany]