"Loading..."

Amankan Hutan, KPH Ciamis Gandeng TNI-Polri

Amankan Hutan, KPH Ciamis Gandeng TNI-Polri
Untuk mengamankan kelestarian hutan, Perum Perhutani KPH Ciamis melakukan kerjasama pengamanan sumber daya hutan (SDH) dengan Kodim 0613 Ciamis dan Polres Ciamis. Penandatanganan kerjasama tersebut dilaksanakan di petak 51F RPH Pangandaran BKPH Desa Purbahayu Kecamatan Pangandaran. Kamis (16/5/2013) sekitar pukul 09.00 WIB.
“Sumber daya hutan (SDH) memiliki fungsi dan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia, antara lain sebagai sumber plasma nuftah, fungsi ekologi dan fungsi ekonomis. Selain dengan TNI-Polri, dilakukan juga pengelolaan sumber daya hutan bersama masyarakat melalui kegiatan PHBM. Meliputi kegiatan pelestarian fungsi dan manfaat hutan melalui perencanaan, penanaman, pemeliharaan, pengamanan, perlindungan dan pemanenan,” terang ADM KPH Ciamis, Budi Shohibuddin, Kamis (16/5/2013).
Sementara itu, Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wawan Erawan mengatakan, dengan keberadaan pihaknya dalam pengelolaan hutan diharapkan bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar daerah hutan.
Kapolres Ciamis AKBP Witnu Urip Laksana menambahkan, pihaknya mengajak semua pihak untuk bersama-sama membantu menjaga dan melestarikan hutan. “Selain membantu dan menjaga kelestarian hutan, kami juga siap membantu untuk menyejahterakan masyarakat setempat,” tegasnya.
Usai penandatanganan surat perjanjian kerjasama, dilaksanakan penanaman pohon alba sebanyak 1.500 pohon yang secara simbolis dilakukan Dandim, Kapolres serta jajaran KPH Perhutani.[ang]
Jurnalis : Andriansyah
Inilah.com | Kamis, 16 Mei 2013 | 14:25 WIB

Share:
[addtoany]