"Loading..."

Bangun 15 Proyek, Rekind Rogoh USD167 Juta

Sebagai salah satu badan usaha milik negara (BUMN) PT Rekayasa Industri (Rekind) berusaha memberikan peran penting dalam mendukung keberhasilan program percepatan energi pemerintah. Hal tersebut dilakukan melalui pelaksanaan proyek Floating Storage Regasification Unit (FSRU) Muara Karang yang berfungsi sebagai penyuplai gas kepada Pembangkit Muara Karang dan Pembangkit Tanjung Priok yang semula menggunakan bahan bakar minyak.

Selain itu Rekind juga telah mengembangkan proyek FSRU Medan, serta proyek-proyek percepatan listrik 10.000 megawatt (mw) tahap pertama, yakni PLTU Suralaya dengan kapasitas 1 x 625 mw, PLTU Riau kapasitas 2 x 100 mw, PLTU Sumatera Barat 2 x 112 mw, dan PLTP Ulubelu di Sumetera kapasitas 2 x 55 mw.

“Saat ini ada 15 proyek yang menjadi fokus Rekind, tujuh sedang dalam proses on going (pengerjaan) dan delapan lainnya baru akan dibangun tahun ini dengan investasi sebesar USD167 juta,” kata Direktur Utama M Ali Suharsono saat jumpa media, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Senin (20/2/2012).

Tahun ini, Rekind akan mengembangkan ekspertise, penerapan sistem, standarisasi kinerja global melalui investasi asing. Terhitung sejak awal 2012, Rekind telah memperoleh beberapa proyek seperti Operation and Maintenance Engineering Construction Management (O&M ECM) milik Chevron, Pabrik Derivat milik Perum Perhutani, FSRU Medan milik PT PGN (Persero) Tbk, dan PMS Lembah batu milik PTPN 13.

Selain itu, Rekind akan fokus melakukan pembangunan proyek infrastruktur panas bumi di Tanah Air. Khusus dalam segi ekspertis, Rekind telah membangun lebih dari enam PLTP, di antaranya PLTP Lahendong 2, 3, dan 4 masing-masing kapasitas 1 x 20 mw, Wayang Windu 1 (1 x 110 mw), Wayang Windu 2 (1 x 117 mw), PLTP Kamojang Unit 4 (1 x 60 mw) dan yang sedang dikerjakan saat ini PLTP Ulubelu (2 x 55 mw).

“Rekind saat ini menjadi satu-satunya perusahaan yang bergerak di bidang Engineering, Procurement, Construction (EPC) Nasional yang telah teruji, serta menjadi pionir dalam pembangunan pembangkit listrik panas bumi di Tanah Air,” ujarnya. Dalam bidang investasi, Rekind terus mengembangkan realisasi proyek yang dimilikinya, seperti WKP Cisolok Cisukarame dan Pipanisasi Gas Cirebon Semarang.  (mrt) (rhs)

Senin, 20 Februari 2012 16:42 WIB
Share:
[addtoany]