"Loading..."

Belasan Spot Wisata Lumajang di Kawasan Perhutani

POJOKPITU.COM (24/10/2017) | Sekitar 14 spot wisata di kawasan Perhutani ini tersebar di beberapa wilayah di Lumajang. Mulai dari ujung selatan ada pantai selatan, ada pula Situs Candi Gedong Putri. Bahkan lokasi yang paling eksotik, yaitu B29 di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Lumajang.

Wisata alam yang sangat indah ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Lumajang. Terutama pada hari libur. Banyak wisata berkunjung ke Negeri Di Atas Awan tersebut.

Bahkan, potenis wisata itu juga berada di ujung utara Lumajang, ada distinasi wisata Tiga Ranu. Ranu Bedali, Ranu Klakha, dan Ranu Pakis. Juga di tempat itu ada Geo Park Gunung Lemongan.

Wakil ADM KPH Probolinggo, Muchlisin, potensi wisata Lumajang di kawasan Perhutani sangat besar. Ada 14 titik yang telah menjadi distinasi. Mulai dari wisata pantai, air terjun, bukit, hingga tempat berfoto.

Dari 14 titik itu, 11 destinasi telah ada MOU dengan Pemerintah Lumajang. Hal ini bertujuan wisata di kawasan Perhutani biar memiliki dampak ekonomi positif, sebagaimana Peraturan Menteri Lingkungan Hidup nomer 83 tentang Kehutanan Sosial.

Dari kerjasama ini, pihak masyarakat mendapatkan keuntungan 70 persen. Sedangkan Perhutani hanya 30 persen saja. Meski pengelolaannya, tetap memperhatikan kelestarian lingkungan hutan.

Kerjasama kemitraan ini pemerintah daerah atau masyarakat, bisa mendapatkan manfaat lebih besar. Maka dari kebijakan baru ini, bisa meminimalisir konflik kehutanan, karena masyarakat bisa mendapatkan keuntungan besar dari Perhutani.

Sumber : pojokpitu.com

Tanggal : 24 Oktober 2017