"Loading..."

Berdagang Kayu, Perum Perhutani Kembangkan Sistem Online

JAKARTA,KOMPAS.com – Dirut Perum Perhutani, Mustoha Iskandar mengatakan ke depan jalur perdagangan kayu Indonesia akan memakai sistem online. Menurut dia, hal ini sudah diujicoba di Bogor sejak pertengahan tahun lalu, dan sudah dijalankan di Jawa Barat.
“Jadi memang ke depan seluruh rantai bisnis menggunakan Information Technology. Nanti bisa memonitor setiap pergerakan dari satu tempat saja,” kata Mustoha dalam jumpa pers di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (3/3/2015).
Dia menjelaskan, sistem online bertujuan memudahkan transaksi pembelian kayu, seperti mengurangi pembayaran dengan tunai.
“Supaya menghindari pertemuan pembeli dan penjual. Cukup onlinesaja, supaya tidak ada kontak dan transaksi cash tidak ada. Memang harus seperti itu transparan akuntabel. Kemudian menghilangkan kesan bahwa hanya orang tertentu saja yang bisa membeli kayu,” kata Mustoha.
Dalam menjalankan program ini, Perum Perhutani menggandeng PT Telkom dengan sistem bagi hasil. Menurut dia, kantor PT Telkom yang sudah tersebar di Indonesia akan memudahkan rencana ini.
“Dengan Telkom kami melakukan paradoks marketing. Telkom kan sudah tersebar di seluruh Indonesia tinggal connect ke Perhutani saja. Nanti ada semacam share fee misalnya atas tiket masuk wisata perhutani. Tidak hanya itu nanti juga ada e-ticket atau e-hotel, ini sinergi BUMN,” jelas Mustoha.
Sumber    : http://www.kompas.com/
Tanggal    : 03 Maret 2015

Share:
[addtoany]