"Loading..."

BNI Juara Umum BUMN Terbaik

Bank Nasional Indonesia meraih penghargaan sebagai Badan Usaha Milik Negara terbaik atau kategori best of the best dalam malam Anugerah BUMN 2011 yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN di Hotel Four Season, Jakarta, Kamis malam (1/12), Predikat juara umum yang digondol BNI ini menggeser PT Telkom yang pada tahun lalu menjadi jawara.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, penghargaan ini adalah bentuk adanya persaingan antar-BUMN untuk menjadi yang terbaik. “Saya punya kepercayaan tak ada kemajuan tanpa persaingan dan tak ada persaingan tanpa adanya reward,” kata Dahlan di sela-sela malam penganugerahan di Hotel Four Season, Jakarta. 

Ia berharap para pemenang bisa mempertanggungjawabkan predikat terbaik yang didapatkannya malam ini. “Saya mempertanyakan apakah ini teruji, kata juri bisa dipertanggungjawabkan,” kata Dahlan.

Anugerah BUMN 2011 ini memberikan penghargaan dalam beberapa kategori. Sejumlah BUMN seperti PT BNI, PT Telkom, PT Bank Mandiri, dan PT Pertamina menyabet anugerah dalam sejumlah kategori. Ada 12 kategori yang dinilai dari BUMN yang ada.

Pemenang kategori inovasi manajemen BUMN terbaik adalah PT Pertamina, PT BNI Tbk, dan PT Bukit Asam Tbk, Pemenang kategori inovasi good coorporate government BUMN terbaik antara lain PT Bank Mandiri Tbk, PT Jasa Marga Tbk, dan PT Pertamina. Inovasi produk manufaktur terbaik antara lain PT Pindad, PT Biofarma, dan PT INTI. Inovasi produk agrikultur terbaik yaitu PT PN IV, PT Sang Hyang Seri, dan Perum Perhutani.

Sementara untuk kategori inovasi produk jasa BUMN terbaik pemenangnya yaitu PT PLN, PT Pos Indonesia, Perum Pegadaian. Inovasi teknologi BUMN terbaik adalah PT Biofarma, PT RNI, PT PP. Inovasi pemasaran BUMN terbaik yaitu PT BNI Tbk, PT Telkom Tbk, dan Perum Pegadaian.

Untuk kategori inovasi SDM BUMN terbaik pemenangnya adalah PT Pupuk Kaltini, PT Telkom Tbk, PI Aneka Tambang Tbk, Inovasi program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) BUMN terbaik yaitu PT BNI Tbk, PT Telkom Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, Inovasi pelayanan publik BUMN terbaik yaitu PT PLN, PI KAI, dan PT Pupuk Kaltim.

Kemudian kategori inovasi strategi bisnis global BUMN terbaik dimenangkan oleh PT Biofarma, PT Bank Mandiri Tbk, PT Pertamina. Dan kategori CEO BUMN inovatif terbaik jatuh pada RJ Lino dari PT Pelindo II Tbk, Tommy Soetomo (PT Angkasa Pura I Tbk), dan Ignasius Jonan (PT KAI). Dewan juri dalam acara ini diketuai Muhammad Said Didu, dengan anggota antara lain Tanri Abeng, Ilham Habibie, Mas Ahmad Daniri, Avanti Fontana, Aviliani, dan N Syamsuddin Ch Haesy.

Nama Media  : JURNAL NASIONAL
Tanggal            : Jumat, 02 Desember 2011, Hal. 1
Penulis             : Suriyanto
TONE                : POSITIVE

Share:
[addtoany]