"Loading..."

Dahlan Iskan: Masyarakat Sudah Semakin Cerdas

@IRNewscom | Jakarta: MENTERI BUMN Dahlan Iskan mengatakan tugas kehumasan (public relation/PR) di era sekarang ini tidak mudah karena masyarakat tidak lagi bisa dibodohi seiring dengan berkembangnya media untuk mencari informasi.

“Masyarakat sudah semakin cerdas. Media sosial sepert facebook, twitter, SMS dan lainnya telah membuat masyarakat semakin kritis dan mudah untuk memperoleh informasi perusahaan,” kata Dahlan, usai menghadiri acara “Anugerah PR & PR Programme” yang diselenggarakan Forum Humas BUMN, di Jakarta, Rabu (05/6).

Menurut Dahlan, Humas yang baik bukanlah yang menutup-nutupi kekurangan perusahaan, tetapi bagaimana membuka diri kepada masyarakat luas.

Ia menjelaskan, Humas BUMN harus mampu mengedepankan kejujuran dan keterbukaan sehingga bisa mendorong kebaikan baik kepada perusahaan maupun kepada publik.

Mantan Dirut PT PLN ini berpendapat, bahwa humas yang baik adalah yang berani mengakui kesalahan, tidak menutupinya, sehingga publik sebagai pemangku kepentingan perusahaan dapat mengerti kondisi yang terjadi sebenarnya.

“Jangan sekali-sekali berupaya menutupi cacat perusahaan, tapi bagaimana mengatasi dan mengkomunikasikannya dengan jujur sehingga mampu melakukan “damage recovery,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Dahlan menyerahkan penghargaan kepada PT Garuda Indonesia Tbk yang dinobatkan sebagai perusahaan dengan predikat BUMN Best Public Relation Program” 2013 versi Forum Humas Kementerian BUMN.

Pada kategori ini, Garuda Indonesia mengusung program “Garuda Indonesia & Liverpool FC Experience”, disusul urutan kedua PT Pertamina dengan program “Pertamina Sobat Bumi”, dan PT Bank Rakyat Indonesia “Terbesar dan Tersebar”.

Penghargaan juga diberikan bagi “BUMN Best PR Officer” kategori Corporate Secretary/Vice President yang dimenangkan VP Corporate Communication Garuda Indonesia, disusul Corporate Secretary PT Bank Mandiri, dan diposisi ketiga VP Corporate Communication PT Pertamina Ali Mundakir.

Adapun “BUMN Best PR Officer” kategori General Manager/Kepala Divisi, diraih Djoko Rusdianto (GM Corporate Communication PT Kimia Farma), Susetyaningsih (Kabiro Humas dan Protokoler PT Perhutani), dan Wisnu Kencana (Corporate Communication PT Krakatau Steel).

Sedangkan “BUMN Best PR Officer” kategori Manajer/Kepala Bagian/Kepala Urusan, diperingkat pertama diraih Nurlaela (Kepala Bagian PR PT Bio Farma), selanjutnya Irwadi Lubis (Kepala Urusan Humas & Protokol PT Perkebunan Nusantara III), dan Wilca Osca (Corporate Secretary Manager PT Rekayasa Industri).

Sementara itu, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemkominfo Gatot Dewa S Dewa Broto yang menjadi juri mengatakan, program penghargaan kepada insan “public relation” ini untuk meningkatkan kompetensi kehumasan dalam menjawab tantangan korporasi dan bisnis yang terus berubah dan semakin berat di masa datang.

“Humas dalam iklim dan dinamika perusahaan menjadi garis terdepan, tidak hanya saat krisis eksternal tetapi juga internal,” tegas Gatot. [*]

Sumber  : indonesiarayanews.com

Tanggal  : 5 Juni 2013

Share:
[addtoany]