"Loading..."

Dahlan Yakin Porang Bisa Kurangi Kemiskinan

JAKARTA – Perum Perhutani berencana meminta dana sebesar Rp33 miliar untuk menanam Porang. Tanaman Porang, adalah umbi-umbian yang diyakini bermanfaat bagi kehidupan, sehingga dapat mengurangi kemiskinan.

Menteri BUMN Dahlan Iskan menuturkan, guna menyukseskan rencana penanaman tanaman Porang tersebut, maka Perhutani diminta menyerap tenaga kerja di daerah terdekat pengembangan penanaman.

“Tenaga kerja diperkirakan nanti akan didatangkan dari Blora, yang berasal dari anak muda, ibu-ibu, bapak-bapak yang tengah tidak memiliki pekerjaan,” jelas Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (29/1/2013).

Dengan penyerapan tenaga kerja dari daerah sekitar pengembangan tanaman Porang, diharapkan mampu menambah pendapatan masyarakat sekitar. Dengan demikian, maka angka kemiskinan, dapat diminimalisir. “Pokoknya intinya ini untuk pengentasan kemiskinan,” tukasnya.

Sekadar informasi, Dahlan menjelaskan, Porang adalah jenis tanaman umbi-umbian yang rencananya akan dirancang dan dikelola di atas lahan milik Perhutani. Selama ini, tanaman tersebut sudah dibudidayakan di daerah Jawa.
(mrt)

Iwan Supriyatna – Okezone

Share:
[addtoany]