"Loading..."

Dibentuk Forum Rembug Pariwisata Dieng

SUARAMERDEKA.COM (9/3/2017) | Upaya mengembangkan pariwisata di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng (KWDT) terus dilakukan Pemkab Banjarnegara. Salah satunya dengan membentuk Forum Rembug Pariwisata Dieng.

”Kami membentuk Forum Rembug Pariwisata Dieng dan sudah melakukan pertemuan beberapa kali. Pertemuan membahas rencana dan realisasi pengembangan objek wisata kompleks Candi Arjuna dan Soeharto-Withlam, Kawah Sikidang serta Telaga Merdada,” ungkap Kepala Dinparbud Banjarnegara, Dwi Suryanto.

Pertemuan forum itu dihadiri tokoh masyarakat, tokoh agama, pokdarwis, LMDH, kepala desa Dieng Kulon, Kepakisan, Pekasiran, dan juga Karangtengah. Hadir pula perwakilan dari dinas terkait, camat dan Forkompinca, Perhutani serta Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB).

”Di kompleks Soeharto-Withlam dan Candi Arjuna kami rencanakan membebaskan lahan warga untuk perluasan kantong parkir kendaraan wisatawan. Kemudian membangun gerbang masuk kompleks wisata itu tahun ini,” paparnya.

Melalui upaya tersebut diharapkan pemasukan dari tiketing makin besar dan kendaraan yang tertampung makin banyak sehingga dapat mencegah kemacetan pada puncak kunjungan wisatawan.

Adapun di Telaga Merdada, akan dibangun dermaga wisata dan sarana penunjang lainnya. Diharapkan pada bulan April realisasi pembangunan fisik di sejumlah objek wisata di KWDT sudah dapat dilaksanakan.

Untuk Kawah Sikidang akan dilakukan penataan pedagang dan area parkir sehingga tampilannya lebih rapi serta menarik. Juga dibuat jalan kompleks untuk wisatawan sehingga mereka dapat berkeliling di objek wisata itu dengan mudah.

”Harapannya sebelum Dieng Culture Festival (DCF) digelar maka semua fasilitas dan sarana penunjang sudah selesai dibangun di objek-objek wisata tersebut,” ujarnya.

Sumber: suaramerdeka.com

Tanggal: 9 Maret 2017