"Loading..."

Direktur Utama Perhutani Berikan Bantuan 20 Ekor Kambing

Dok. Kom-PHT/Byt  @2015

Dok. Kom-PHT/Byt @2015

BANYUMAS TIMUR, PERHUTANI (10/3)- Direktur Utama Perum Perhutani, Mustoha Iskandar memberikan bantuan 20 ekor kambing kepada masyarakat LMDH Bukit Makmur desa Pekuncen dan LMDH Bukit Mulya desa Karanglewas.

Penyerahan secara simbolis disampaikan oleh Administratur/KKPH Banyumas Timur, Wawan Triwibowo mewakili Direktur Utama Perum Perhutani di kantor kepala desa Pekuncen.

Bantuan ini menindaklanjuti permintaan masyarakat yang disampaikan kepada Gubernur Jawa Tengah dalam acara panen raya padi gogo Integrated Farming System (IFS) beberapa waktu yang lalu.
Sebagaimana disampaikan dalam temu wicara dengan masyarakat saat itu, Gubernur Jawa Tengah, Perum Perhutani dan Universitas Gadjah Mada berjanji akan memberikan bantuan kambing sebagai tindaklanjut pelaksanaan IFS; dimana selama ini masyarakat telah menanam rumput gajah di bawah tegakan.

Bantuan masing-masing 10 ekor untuk LMDH Bukit Mulya dan LMDH Bukit Makmur, langsung diterima oleh Rusiwan Ketua LMDH Bukit Makmur dan Khoderi Ketua LMDH Bukit Mulya disaksikan oleh Suwarno Kepala Desa Pekuncen.

Kepala Desa Pekuncen, Suwarno yang mendampingi kedua LMDH menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perhutani yang selama ini demikian perhatian kepada masayarakat sekitar hutan.

Lebih lanjut Suwarno sangat mengapresiasi pelaksanaan program IFS yang telah diinisiasi oleh Pemprov Jateng, Perhutani dan UGM, dimana bantuan-bantuan benih, pupuk dan pendampingan benar-benar dilaksanakan dengan sangat tepat. Baik tepat jumlah maupun tepat mutu.

Hal ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat; terbukti dengan keberhasilan panen padi gogo yang sangat baik di lokasi IFS petak 64a RPH Pengadegan BKPH Jatilawang KPH Banyumas Timur; dimana produktivitas saat panen mampu mencapai rata-rata 5,4 ton/ha untuk jenis Inpago 5 dan 5,6 ton/ha untuk jenis Situ Bagendit. Lebih lanjut Suwarno menyampaikan pesan kepada kedua LMDH agar bantuan kambing ini menjadi aset LMDH, dan mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar turut serta menjaga keamanan dan kelestarian hutan.

Administratur/KKPH Banyumas Timur, Wawan Triwibowo menyatakan bahwa dengan bantuan kambing ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan anggota secara merata dan menambah guyub rukun antar anggota LMDH. Oleh karena itu disarankan bantuan ini dapat dimanfaatkan semua anggota dengan sistem bergilir. Hal ini sangat dimungkinkan karena semua kambing bantuan Perum Perhutani merupakan kambing betina indukan.

Melalui program IFS diharapkan sinergi yang sudah sangat baik antara masyarakat desa hutan dengan Perhutani agar terus dipertahankan dengan saling bahu membahu dalam membangun hutan dan menjaga kelestarian hutan. Sehingga tujuan mulia pengelolaan hutan di Jawa : Hutan Lestari, Masyarakat Sejahtera dapat terwujud. (Kom.PHT/BYT/Lita)

Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©2015

Share:
[addtoany]