"Loading..."

Dirut Canangkan Tanaman Karet 2014 Di Sumedang

2014-12-5-Div3-dirut canangkan tan karet

Dok.Kom-PHT/Divre Janten @2014

BANDUNG, PERHUTANI (5/12)  – Direktur Utama Perum Perhutani, Mustoha Iskandar meresmikan pencanangan tanaman karet tahun 2014 di Ujungjaya Kabupaten Sumedang pada Rabu (3/12).

Mustoha mennyatakan bahwa yang menginisiasi tanaman karet di Jawa Barat adalah dirinya sendiri, hal ini tidak lain untuk menggenjot pendapatan Divisi Regional Jawa Barat dan Banten yang sampai saat ini masih dalam posisi minus.

“Diharapkan 5-6 tahun ke depan dapat menuai hasilnya dari karet yang sudah mulai ditanam pada tahun 2013 lalu” jelasnya.
Untuk memantau keberhasilan tanaman, Mustoha membolehkan menggandeng tenaga ahli untuk mengecek semua tanaman yang sudah ditanam dan memastikan perlakuan di masing-masing petak/blok tanaman.

Diakui Pimpro tanaman karet, Nurrohman bahwa saat ini masih ada beberapa kendala dalam pelaksanaan penanaman, diantaranya adalah ketersediaan tenaga kerja.

“Untuk keluasan 2.110 hektar, dari kebutuhan tenaga sebanyak 709 orang saat ini baru tersedia 320 orang. Sebenarnya ada peluang bagi masyarakat sekitar untuk menjadi tenaga kerja dalam penanaman karet ini, tetapi tenaga kerja lokal agak sulit ditemukan mengingat pada musim hujan rata-rata penduduk pergi ke sawah sebagai mata pencaharian utamanya” tambahnya.

Namun demikian Nurrohman tetap optimis tanaman karet 2014 dapat diselesaikan tepat waktu.

Rencana tanaman karet tahun 2014 seluas 2.110,66 hektar. Realisasi penanaman sampai dengan awal November seluas 560 hektar atau baru 27%. Dengan optimis para petugas lapangan Pimpinan Proyek beserta jajarannya siap merealisasikan tanaman sampai akhir Desember atau awal Januari tahun depan. Hal ini didukung oleh curah hujan yang tinggi dan mulai merata di wilayah Sumedang.

Pencanangan tanaman karet tahun 2014 diakhiri dengan penanaman serempak pada lokasi tanaman. Diawali oleh Direktur Utama, kemudian disusul oleh Direktur Pengelolaan Sumberdaya Hutan (PSDH), Kepala Divisi Regional, Kepala Biro, Administratur dan semua peserta yang hadir pada kesempatan itu. (Kom-PHT/Divre Janten/Ade)

Editor  :  Dadang K Rizal
@copyright 2014

Share:
[addtoany]