"Loading..."

Dirut Perhutani Luncurkan "Perhutani Green Pen Award 3"

rri.co.id – KBRN, Jakarta :  Direktur Utama Perum Perhutani Mustoha Iskandar membuka resmi Lomba Menulis Cerpen Hutan dan Lingkungan Perhutani “Green Pen Award 3” untuk generasi muda Indonesia, dalam rangka menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia di kantor pusat Perum Perhutani Jakarta, sebelum bertolak ke Karimunjawa, Jumat (20/11/2015).

Lomba Menulis Cerpen Hutan dan Lingkungan Perhutani Green Pen Award 3 dimaksudkan untuk mencari bintang-bintang generasi muda Indonesia yang memiliki kemampuan menulis sastra khususnya cerita pendek fiksi, memiliki kepekaan rasa serta peduli terhadap pelestarian hutan dan lingkungan.

Direktur Utama Perum Perhutani Mustoha Iskandar mengawali sambutannya, mengapa perlu menaman pohon juga menulis tentang pohon, hutan dan lingkungan.

“Bumi kian renta dan lelah, kita ingin tempat tinggal dan tempat berlindung yang nyaman, bersahabat, segar dan menyehatkan. Tetapi perlakuan manusia pada alam yang kurang arif dapat menyebabkan global warming atau pemanasan global. Fenomena meningkatnya suhu global akibat efek rumah kaca bisa kita hindari dengan memperbanyak pepohonan, mengunakan produk ramah lingkungan dan memanfaatkan sumberdaya alam seefisien mungkin. Jadi janganlah kita lalai,” ujarnya.

Mustoha Iskandar juga menyampaikan pesannya kepada para generasi muda bahwa menulis itu penting, bagi yang akan mengikuti ajang tahunan Perhutani ini, mulailah menulis jangan takut salah.

“Dua hal penting dalam menulis, pertama adalah ide yang orisinil, kedua adalah pesan yang akan disampaikan. Ide dan pesan inilah yang penting untuk menghasilkan dampak bagi pembaca karya kita. Menulis adalah proses, perlu keberanian, percaya diri, jujur dan harus dimulai,” terangnya.

Perhutani Green Pen Award tahun ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan oleh Perum Perhutani sejak tahun 2013 dengan peserta mencapai 1.500 orang per tahun. Tingginya partisipasi peserta yang mendaftar setiap tahun menjadikan lomba ini sebagai ajang yang ditunggu-tunggu oleh para pelajar, mahasiswa, dan penulis-penulis umum untuk berkompetisi, sekaligus mengasah kompetensi.

Kegiatan berbasis budaya ini diharapkan bermanfaat menumbuhkan kreativitas, mengasah kesadaran cinta hutan dan lingkungan, sekaligus membangun karakter generasi muda di era digital yang serba instan.

Sekretaris Perusahaan Perum Perhutani John Novarly menambahkan, bahwa Perum Perhutani melalui lomba ini juga berupaya mendorong meningkatkan daya imajinasi, empati, simpati dan kepekaan serta kepedulian generasi muda terhadap alam sekitarnya dengan budaya tulisan.

Lomba juga akan memotivasi para pelajar, mahasiswa dan penulis umum untuk lebih peduli dan mencintai hutan kita sebagai sumber oksigen dan paru-paru dunia. Ini akan menarik untuk dijadikan tulisan dengan pesan yang tepat.

Kegiatan Perhutani Green Pen Award 3 ini akan diinformasikan ke public secara serentak oleh 60 unit kerja Perum Perhutani di Jawa Madura serta didukung oleh media partner. Pemenang lomba akan diumumkan 29 Maret 2016 melalui website resmi perusahaan www.perhutani.co.id.

Peserta lomba adalah Warga Negara Indonesia, Pelajar SLTP sederajat (Kategori A), Pelajar SLTA dan Mahasiswa (Kategori B), Umum, Guru, Dosen, Penulis/Pengarang (Kategori C). Judul naskah bebas, tema cerita tentang kehidupan dengan berbagai aspeknya terkait hutan, alam dan lingkungan hidup.

Hadiah kategori A, Pemenang 1 akan mendapat Piala, Piagam dan Uang Tunai Rp 3.000.000,-; Pemenang 2 mendapat Piagam dan uang tunai Rp 1.500.000,-; Pemenang 3 mendapat Piagam dan uang tunai Rp 1.000.000,-; dan 5 (Lima) Pemenang Harapan mendapat Piagam, Uang Tunai Rp 500.000,-.

Hadiah kategori B, Pemenang 1 akan mendapat Piala, Piagam dan Uang Tunai Rp 4.000.000,-, Pemenang 2 mendapat Piagam dan Uang Tunai Rp 2.000.000,-, Pemenang 3 mendapat Piagam dan Uang Tunai Rp 1.500.000,-, 5 (Lima) Pemenang Harapan mendapat Piagam, Uang Tunai Rp 750.000,-.

Hadiah kategori C, Pemenang 1 akan mendapat Piala, Piagam dan Uang Tunai Rp 5.000.000,-, Pemenang 2 mendapat Piagam dan Uang Tunai Rp 3.000.000,-, Pemenang 3 mendapat Piagam dan Uang Tunai Rp 2.000.000,-, 5 (Lima) Pemenang Harapan mendapat Piagam, Uang Tunai Rp 1.000.000,-.

Penerimaan naskah lomba Perhutani Green Pen Award ke 3 dimulai 22 Nopember 2015 dan akan ditutup 12 Pebruari 2016. Selain mengirimkan naskah ke Perum Perhutani sesuai persyaratan lomba, sebagai dokumentasi peserta juga diminta mengirim naskah dan persyaratan lombanya ke perhutanigreenpenaward3@gmail.com . Pengumuman lengkap dapat diakses di situs resmi Perum Perhutani www.perhutani.co.id. (Rell/HF)

Sumber : rri.co.id
Tanggal : 21 November 2015

Share:
[addtoany]