"Loading..."

Dirut SHS dan Gubernur Banten Canangkan Penanaman Padi Pertama GP3K

Untuk mengatasi krisis pangan, pemerintah membuat satu langkah strategi yaitu melalui Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasiskan Korporasi (GP3K). Dengan gerakan ini, beberapa BUMN, khususnya yang bergelut dengan pangan, diminta untuk secara langsung berkontribusi pada program ketahanan pangan.
Salah satu wujud gerakan ini yaitu dengan diadakannya pencanangan penanaman padi pertama program GP3K di Desa Tanjung Anom, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten (15/9). Menurut Direktur PT Sang Hyang Seri (Persero) Eddy Budiono, untuk Provinsi Banten terdapat 6000 hektar, dari luas tersebut untuk Kabupaten Tangerang seluas 626 hektar, dan sudah terealisasi penanaman sekitar 3600 hektar (65 persen).
”Gerakan ini adalah gerakan yang dicanangkan presiden untuk meningkatkan pangan. Kemeneg BUMN akan menggunakan lahan 569,249 hektar dengan operatornya yaitu PT SHS, PT Pusri, PT Pertani dan PT Perhutani. Dan 219 ribu itu untuk SHS. Sekarang ini, SHS telah menanam 143 ribu hektar. Pada akhir Desember nanti seluas 219 ribu hektar diharapkan dapat terpenuhi,” papar Eddy. Dia melanjutkan, untuk sumber dana, gerakan ini mengandalkan kredit ketahanan pangan dan energi dan juga dana PKBL dart BUMN-BUMN. ”Untuk PKBL sudah didukung oleh 21 BUMN. Dan beberapa BUMN yang mendukung untuk Banten yaitu PT Askes, PT PGN, PT PLN, dan PT Antam.”
Menurut Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Banten mendapat tugas untuk membantu surplus beras, dan bersama 11 provinsi lainnya ditunjuk untuk melaksanakan program GP3K. ”Kegiatan pencanangan padi GP3K, merupakan kegiatan yang amat strategis,” kata Atut. Dia berharap, dengan program ini kesejahteraan para petani bisa tercapai.
Pencanangan penanaman padi pertama program GP3K dilaksanakan oleh Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, didampingi Direktur Utama PT SHS Eddy Budiono, dan juga perwakilan-perwakilan dari PT Askes, PT PGN, PT PLN, PT Antam, Komisi IV DPR, dan juga jajaran Muspida.
Nama Media : JURNAL NASIONAL
Tanggal       : Jumat, 16 September 2011, Hal. 6
Penulis        : Fifia Asiani
TONE           : POSITIVE

Share:
[addtoany]