"Loading..."

Eksotika Desa Tanggunggunung Dari Puncak Bukit Dondong Tulungagung, Jawa Timur

VIVA.CO.ID (30/5/2017) | Kabupaten Tulungagung memiliki destinasi wisata baru yang berkembang pesat di setiap pelosok daerahnya. Salah satu obyek wisata Tulungagung baru dan sedang hits di media sosial adalah wisata Bukit Dondong Asri yang terletak di Desa Tanggunggunung, Kecamatan Tanggunggung Tulungagung atau sekitar 25 menit jarak waktunya dari pusat Kota Tulungagung Jawa Timur.

Bukit Dondong Asri merupakan tempat wisata alam Tulungagung yang menjadi pusat reboisasi di Desa Tanggunggung pada awal tahun 2017. Kawasan wisata alam Tulungagung ini terletak di Perhutani setempat yang dikelilingi pepohonan hutan jati. Konon, hal ini merupakan upaya Pemerintah Daerah Tulungagung mencegah kelongsoran di Desa Tanggunggung.

Asal usul Bukit Dondong, konon informasi yang Direktori Wisata dapatkan karena dulunya di atas bukit ini terdapat sebuah pohon kedondong yang begitu besar. Namun, buahnya tidak bisa dimakan karena rasa buahnya yang asam dan bentuknya besar.

Selain ada banyak pohon kedondong mulai yang dari kecil maupun yang sudah membesar, di tempat wisata Tulungagung ini juga terdapat sebuah tugu yang merupakan peninggalan bangsa Belanda.

Tugu yang berada di puncak bukit sebagai penanda dari ketinggian Bukit Dondong dari permukaan laut yakni sekitar 672 meter di atas permukaan laut. Yang menarik dari tempat wisata alam Tulungagung di Bukit Dondong ini salah satunya banyaknya para pelajar yang memanfaatkan Bukit Dondong Asri sebagai tempat wisata edukasi di Tulungagung seperti melakukan kegiatan penanaman pohon di lokasi.

Selain itu ada juga kegiatan masyarakat yang dapat dilakukan di tempat wisata alam Bukit Dondong Asri Tulungagung seperti kegiatan liburan dan rekreasi di alam terbuka bersama keluarga dan teman-teman terdekat.

Mengunjungi tempat wisata Bukit Dondong Asri Tulungagung kita tidak perlu khawatirkan untuk jalur akses medannya. Karena untuk sampai di puncak Bukit Dondong Asri jalur akses jalannya sudah tersedia anak tangga yang memudahkan para wisatawan untuk menuju ke puncak bukit.

Setelah kita berjuang melalui rute jalan menuju Bukit Dondong Asri dengan melalui jalan setapak dan anak-anak tangga yang akan menghantarkan kita hingga sampai di puncak bukit. Di puncak bukit kita akan menemukan sejumlah wahana permainan yang telah tersedia di lokasi, seperti rumah pohon, gardu pandang, ayunan dan beberapa spot foto yang pastinya dengan latar belakang pemandangan indah dan menarik.

Selain itu di tempat Bukit Dondong Asri juga terdapat beberapa bangku yang bisa dijadikan tempat beristirahat sejenak sambil menikmati sejuk dan segarnya udara sekitar. Setelah sampai di puncak bukit kita dapat menikmati pemandangan indah Desa Tanggunggung dan lokasi sekitar tempat wisata Tulungagung yang eksotis.

Puas berkeliling tempat wisata Tulungagung di Bukit Dondong Asri kita dapat mampir di salah satu obyek wisata andalan Pantai Kedung Tumpang di Tulungagung dan Bukit Jomblo Tulungagung yang ramai dikunjungi.

Cara menuju Bukit Dondong Asri Tulungagung, kita bisa menggunakan kendaraan roda dua motor dan juga kendaraan mobil. Beberapa rute jalan menuju ke lokasi Bukit Dondong bisa kita pilih atau disesuaikan dengan awal keberangkatan kita.

Sumber: viva.co.id

Tanggal: 30 Mei 2017