"Loading..."

Gerakan Moral, Perhutani Tanam 11.5 Juta Pohon

PORTALTUBAN.COM (13/12/17) | KPH Tuban melaksanakan gerakan serentak menanam 11.5 juta bibit di tahun 2017 Perum Perhutani Divre Jawa Timur.
Pelaksanaan Program penanaman ini dilakukan serentak diseluruh wilayah Perum Perhutani. Sekaligus kegiatan tutup tanam tahun 2017. Program ini dikandung makna gerakan moral untuk kepedulian segenap jajaran terhadap pentingnya keberhasilan tanaman. Kegiatan penanaman bersama KPH Tuban dilaksanakan di Petak 3 dengan Luas 7,5 Ha, masuk RPH Ngimbang, BKPH Sundulan KPH Tuban.
Kepala administratur KPH Tuban Ir. Agus Santoso menyampaikan banwa KPH Tuabn sampai akhir Desembr 2017 telah menanam pohon sebanyak 391.365 ribu bibit yang seluruhnya berasal dari persemaian permanen KPH Tuban, dengan rincian 247.241 ribu bibit Jati JPP, 144. 124 ribu bibit rimba total 391.365 bibit dan KPH Tuban dalam program tanam serentak ini mendapatkan jatah tanah 415.638 ribu bibit. Dengan perhutani peduli ini diharapkan perhutani dapat berbenah baik secara sistem maupun sumber daya manusianya.
” Untuk capai keberhasilan tanam dengan baik maka SDM harus baik dan bersih,” ujarnya saat dikonfirmasi portaltuban.com dilokasi tanam.
Selain itu, untuk mencapai keberhasilan tanam ini juga terkendala dengan masalah sosial yaitu tanaman tumpang sari yang ada sejak masa belanda dulu. Maka dari itu selain dari petugas perhutani harus bersih maka KPH Tuban gandeng Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) agar dapat mengontrol penyebaran kawasan tanaman tumpangsari.
” Untuk mewujudkan keberhasilan tanaman,apabila ada pengawai atau petugas perhutani yang bermain maka akan diberikan saksi muapun pemecatan,” terangnya.
Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 250 orang, terdiri Keluarga Besar Perhutani Tuban, KPHW Bojonegoro, Kepala Dinas Pertanian Tuban,Polres Tuban, Kodim 0811/Tuban, BNI Tuban, PT Semen Indonesia, Forkopimcam Palang, LMDH,PWI Tuban, RPS Tuban, Universitas Terbuka (UT) cabang Tuban, Kepala Desa Ngimbang,Kepala Desa Gesing, Komunitas Jeep Tuban, Komunitas Trail Tuban, Saka wana Bhakti.

Sumber : portaltuban.com

Tanggal : 13 Desember 2017