"Loading..."

Gunung Prau dan Pemandangan Matahari Terbit yang Cantik

UZONE.ID (05/11/2018) | Nama Gunung Prau sedang tenar belakangan ini. Destinasi wisata yang berada di kawasan dataran tinggi Dieng, Desa Patakbanteng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, ini memang memiliki banyak hal memesona.

Mengutip Pesona Indonesia, Gunung Prau adalah tempat terindah untuk menyaksikan matahari terbit dari balik Gunung Merapi dan Merbabu. Begitu tiba di puncak, kamu juga bisa melihat keindahan Gunung Sumbing, Sindoro, dan Slamet.

Ada pula hamparan bukit dan bunga yang tampak indah dari ketinggian 2590 meter di atas permukaan laut. Bahkan, kamu bisa menyaksikan Telaga Warna Dieng.

Masih dari sumber yang sama, Telaga Warna Dieng merupakan fenomena alam berupa pergantian warna air pada telaga. Kadang, air berubah menjadi hijau dan kuning, atau berwarna-warni seperti pelangi.

Hal ini terjadi akibar kadar sulfur yang cukup tinggi, sehingga air berubah warna saat bertemu sinar matahari. Di tengah-tengah, terdapat pula letupan air mendidih serupa Kawah Putih di Bandung. Demikian sedikit cerita tentang Telaga Warna Dieng.

Bicara lebih jauh soal Gunung Prau, tempat wisata ini kerap menarik perhatian banyak pendaki saat musim liburan. Kebanyakan dari mereka hanya sampai di kawasan berkemar (ketinggian 2565 meter). Meski demikian, pemandangan matahari terbit tetap bisa disaksikan melalui spot ini.

Gunung Prau juga mempunyai jalur pendakian yang cukup mudah. Menurut Pesona Indonesia, terdapat delapan jalur pendakian, yaitu Patakbanteng, Kali Lembu, Dieng Wetan, Dieng Kulon, Campurejo, dan Wates. Dua jalur lainnya, yaitu Igirmranak dan Kenjuran, merupakan rute konservasi khusus Perhutani dan ranger.

Pertengahan tahun merupakan waktu terbaik untuk mendaki Gunung Prau. Cuaca pada pertengahan tahun cenderung cerah, tetapi juga dingin. Karena itu, kamu perlu mempersiapkan pakaian hangat untuk menyelimuti tubuh.

Sumber : uzone.id

Tanggal : 5 November 2018