"Loading..."

Hari Menanam Pohon Tingkat Provinsi di Tasikmalaya

2014-11-25-tsk-HMPI-tanam

Dok.Kom-PHT/Tsk @2014

Tasikmalaya, Perhutani (25/11) l Peringatan Hari Menanam Pohon (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2014 dipusatkan lapangan Bola Tanjungkerta Desa Tanjungkerta Kec. Pagerageung Kab. Tasikmalaya dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedi Mizwar. Selasa.

Tema HMPI dan BMN tahun ini adalah “ Hutan Lestari Untuk Mendukung Kedaulatan Pangan, Air Dan Energi Terbarukan “

Bupati Tasikmalaya UU Ruzhanul Ullum SE, Kepala Dinas Kehutanan Jawa Barat Ir. Bangbang Susatijo,MM, Perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup Ir Mintojo, Ketua DPRD Jawa Barat, Kepala Divre Jawa Barat dan Banten Ir. Elan Barlian,MM Administratur KPH Tasikmalaya, Ir Henry Gunawan Msi, Kepala Dinas Kehutanan Kab. Tasikmalaya Drs Heri Sogiri MM, Para Bupati/Wali Kota dan Administratur Se Jawa Barat, OPD, jajaran Muspika, Muspida, Pimpinan Ponpes Suryalaya, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, LSM, Mahasiswa, Saka Wanabakti dan LMDH.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedi Mizwar mengajak semua masyarakat agar peduli terhadap lingkungan, salah satunya dengan giat menanam pohon, sebab dengan menanam pohon bisa meminimalisir bencana longsor. Selain itu, masyarakat harus menjadi pionir dalam melestarikan alam demi anak cucu kedepannya.

“Kegiatan menanam pohon merupakan wujud kebersamaan pemerintah dengan masyarakat, kebersamaan seperti ini perlu terus kita bina sehingga masyarakat semakin sadar akan pentingnya lingkungan hidup yang baik” tambahnya.

Peringatan Hari Menanam Pohon (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) dilakukan sebagai upaya untuk mempercepat pemulihan dan pengurangan laju deforestasi yang sebenarnya telah dilakukan sejak lama dengan berbagai kegiatan.

Upaya ini akan efektif bila dilaksanakan secara berkelanjutan serta melibatkan peran serta seluruh komponen masyarakat dalam upaya pelestarian alam dan meningkatkan kepedulian berbagai pihak akan pentingnya penanaman dan pemeliharaan yang berkelanjuktan dalam upaya mengurangi pemanasan global dan menuju pembangunan yang bersih.

Wakil Gubernur Jawa Barat mencanangkan penanaman 1 milyar pohon sd nopember 2014 sudah terealisasikan sebanyak 32.831.613 pohon dari target 184 juta pohon dan beliau berkomitmen saat ini yaitu Hijau Lestari (Green Province).

Bupati Tasikmalaya, UU Ruzhanull Ulum menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon disambut sangat positif, selanjutnya kepada masyarakat diharapkan terlibat menjaga alam dan bahu membahu untuk melestarikan hutan, lebih baik mewariskan mata air dari pada mewariskan air mata kepada anak cucu kita.

Selain itu pula disampaikan, bahwa program tersebut cukup banyak menyentuh kepentingan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung, karena pohon yang kita tanam sangat berguna untuk kehidupan manusia di muka bumi yaitu dapat menghasilkan air dan udara, oleh karena itu bupati mengajak kepada seluruh masyarakat untuk melakukan penanaman pohon sebanyak mungkin. (Kom-PHT/Tsk)

Editor  :  Dadang K Rizal

@copyright 2014