"Loading..."

Hutan Patiayam Layak Dikembangkan Jadi Ekowisata

Kudus, Antara Jateng – Pemkab Kudus, Jateng, mendapat dukungan dari Perum Perhutani untuk mengembangkan situs patiayam menjadi ekowisata daerah setempat, kata Kabid Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sancaka Dwi Supani.

“Sesuai hasil pertemuan di Solo pada Senin (24/6) dengan pihak Perhutani bersama sejumlah daerah di Jateng, dijelaskan bahwa hutan produksi yang ada di daerah masing-masing bisa dikembangkan menjadi ekowisata atau wisata yang berwawasan lingkungan sesuai potensi daerah setempat,” ujarnya, di Kudus, Rabu.

Dengan demikian, lanjut dia, peluang mengembangkan situs Patiayam yang ada di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, semakin terbuka lebar.

Saat ini, kata dia, di Desa Terban baru tersedia bangunan museum khusus fosil purba, meskipun baru sebatas embrio sebagai museum.

Hutan yang ada di kawasan situs, katanya, bisa dikembangkan menjadi lokasi “out bound” maupun jalur “offroad” dengan memanfaatkan lahan di luar zona inti.

Pengembangan kawasan tersebut, kata dia, bisa diserahkan kepada pihak ketiga, sehingga bisa menjadi pemasukan bagi daerah maupun pihak perhutani.

Untuk merealisasikan pengembangan kawasan situs tersebut, kata dia, perlu dilakukan persiapan dan membuat perencanaan.

Sumber : http://www.antarajateng.com/
Tanggal : 27 Juli 2013

Share:
[addtoany]