"Loading..."

Ingin Bermain Jetski di Malang, Ini Tempatnya

JAWAPOS.COM (19/11/2017) | Wisata air di Kabupaten Malang semakin dikemas dengan packaging yang lebih ciamik. Setelah menjadikan Bukit Waung, Pantai Modangan, Kecamatan Donomulyo, sebagai spot wisata dirgantara, kini giliran Pantai Ungapan yang tunjukkan pesonanya.

Ungapan yang berlokasi di Kecamatan Gedangan, ini menjadi venue untuk olahraga air kekinian. Misalnya saja jetski, kano dan fly board. Fly board ini adalah salah satu olahraga air yang cukup ekstrem. Dua alat dipasangkan pada kaki dan menyemburkan air. Sehingga terlihat seolah melayang dia atas permukaan.

Pantai Ungapan menjadi venue untuk olahraga air seperti kano, jetski dan fly board, Sabtu (18/11), dalam rangkaian gelaran Malang Beach Festival 2017. Puluhan atlet jetski memang tengah berkumpul di Ungapan, untuk eksibisi menjajal ombak di pantai selatan itu. Bupati Malang, Rendra Kresna, tidak ketinggalan untuk menunjukkan kebolehannya berjetski ria.

Sebelum benar-benar menunjukkan kebolehannya berolahraga ini, Rendra sudah menguji coba jetski di muara sungai Ungapan, Sabtu (11/11). Rendra juga sempat mencoba kano. Waktu itu, orang nomor satu di Pemkab Malang tersebut sempat terguling dan akhirnya tercebur sungai. “Tidak bisa menjaga keseimbangan, oleng dan akhirnya tercebur waktu itu,” katanya.

Dia menjelaskan, selama satu bulan penuh, Kabupaten Malang memang agresif menggelar even yang di pantai. Even ini untuk memeriahkan HUT ke 1257 Kabupaten Malang. Selain itu, juga menjadi sarana untuk memperkenalkan wisata pantai.

Pemkab Malang tengah serius menggarap sisi pariwisata yang memang pesonanya tidak perlu diragukan. Bukan hanya wisata alam, namun juga menggenjot potensi sport tourism.

Rendra menegaskan, setiap pantai di Pemkab Malang memiliki ciri khas masing-masing. Misalnya saja Modangan di Donomulyo yang ciamik untuk spot take off paralayang, dan sudah diresmikan sebagai kawasan wisata dirgantara.

Misalnya lagi di Nganteb yang selain menjadi pantai wisata religi, juga bisa untuk spot surfing. Selain Nganteb, juga ada Pantai Wedi Awu yang ombaknya juga ciamik untuk surfing. “Jadi dengan Malang Beach Festival ini kami blow up pesona pantai di kabupaten,” tegas dia.

Pantai Ungapan berada di pesisir selatan Kabupaten Malang. Dari Kota Malang, pantai itu sekitar 75 km. Karena akses jalan berkelok-kelok, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke Pantai Ungapan. Untuk mencapai pantai Ungapan, pengunjung juga dapat mengunjungi pantai sebelumnya yakni Pantai Balekambang. Lantaran arahnya satu jalur melintasi jalan lintas selatan.

Jalur wisata yang bakal dilewati bila menuju ke Pantai Ungapan melintasi Jalur Lintas Selatan (JLS) adalah Balekambang, Pantai Regent, Pantai Krambilan, Pantai Pesanggrahan, Pantai Wedi Ireng, Pantai Wonogoro, Pantai Nganteb, Pantai Ngudel, Pantai Parang Dowo, Pantai Bajul mati, pantai ungapan.

Bila pengunjung meneruskan perjalanan menyusuri JLS ke arah timur, maka pengunjung akan menuju Pantai Sedang biru dan sekaligus bisa wisata kuliner di TPI Sendang biru. Sepanjang menuju Pantai Sendang Biru, masih banyak pantai-pantai yang bisa disinggahi, yang dikelola Perhutani Malang dan Pemda Kabupaten Malang.

Sumber : jawapos.com

Tanggal : 19 November 2017