"Loading..."

Jadikan Hutan Babakan Madang Taman Nasional

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan berencana ingin menjadikan Hutan edu eco forest Babakan Madang, Kabupaten Bogar, Jawa Barat sebagai taman nasional. “Kawasan hutan Edu eco forest Babakan Madang ini layak dijadikan taman nasional, jika dikelola dan ditata secara baik,” kata Menteri saat menghadiri kegiatan Astra hijaukan Bogor Edu Eco forest Babakan Madang, Sentul, Rabu (19/7).

Menteri menilai, letak dan kondisi Hutan Edu eco forest Babakan Madang cukup strategis dan layak menjadi taman nasional. Hutan eco edu forest Babakan Madang atau yang dikenal dengan nama Bukit Hambalang ini memiliki luas 3.000 hektar, yang saat ini sedang dilakukan penanaman kembali baik oleh Perum Perhutani yang bekerjasama dengan sejumlah pihak swasta.

Menurut menteri, dari 3.000 hektar areal hutan yang akan ditanami dengan sistem kerjasama pihak swasta seperti yang dilakukan oleh pihak PT Astra International Tbk yang menanam 550.000 pohon di areal 500 hektar hutan tersebut, maka secara bertahap kawasan tersebut akan kembali tumbuh.

“Dari 3.000 hektar itu, kita bagi 500 hektar lalu diberikan kepada pihak swasta untuk program dana tanggungjawab sosialnya melakukan penanaman ini akan mempercepat pemulihan kawasan hutan ini,” katanya. Menteri mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Perum Perhutani untuk menjadikan kawasan hutan edu eco forest Babakan Madang menjadi taman nasional. (don)

PELITA :: 20 Juli 2012, Hal. 9