"Loading..."

Jadikan Rimbawan Sebagai Inspirasi Anak

ASEMBAGUS – Meraih sebuah cita-cita perlu sebuah usaha yang tekun. Tidak ada yang tidak mungkin untuk meraih cita-cita mulia meski setinggi langit. Sebagai seorang profesional, bisa dijadikan langkah awal untuk menjadikan sebuah inspirasi bagi siswa Sekolah Dasar (SD).

Melalui kelas inspirasi, berbagai kalangan profesional berbagi cerita dengan siswa-siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) di berbagai penjuru, terutama yang berada di lokasi jauh dari pusat perkotaan. Di Situbondo, kelas inspirasi salah satuya diisi oleh Adminsitratur Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Banyuwangi Barat. Sekolah yang menjadi jujugan kelas inspirasi adalah SDN 3 Trigonco, Asembagus. Letaknya sekitar 17 Km dari pusat kota Asembagus. Dengan prasarana yang pas-pasan dan siswa yang berjumlah 52 anak, kelas inspirasi ini dilaksanakan.

Meski bukan masuk wilayah KPH Banyuwangi Barat, SDN 3 Trigonco menjadi tempat inspirasi bagi Administratur KPH Banyuwangi Barat, Adi Winarno, Shut MM. Selain tempatnya yang lumayan jauh dari perkotaan, Trigonco merupakan kabupaten asal pengajar kelas inspirasi. Di SDN 3 Trogonco ini, Adi Winarno bersama 3 relawan kelas inspirasi dari berbagai profesi mengenalkan masing-masing pekerjaannya. Sebagai seorang rimbawan, tentunya pengenalan fungsi hutan, kaidah hutan hingga beragam jenis pohon dan manfaat diterangkan secara gamblang.

Kelas inspirasi menjadi sangat akrab dan lebih hidup. Harapannya, ada salah satu dari siswa SDN 3 Trigonco bisa meneruskan tugas mulia sebagai seorang rimbawan. Adi Winarno menuturkan, melalui kelas inspirasi ini tidak hanya dirinya yang bisa dijadikan inspirasi bagi siswa untuk mencapai cita-cita yang mulia. “Justru saya mendapatkan inspirasi dari mereka,” ujar Adi. (adv/aif)

Sumber : Radar Banyuwangi  Hal. 33
Tanggal : 12 Nopember 2013

Share:
[addtoany]