"Loading..."

Jokowi Minta Hutan Perhutani Diswasembada

JAKARTA – Guna mencapai target swasembada pangan dalam waktu tiga hingga empat tahun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kawasan hutan yang berada di Perum Perhutani digunakan secara produktif. Arahan ini dimanfaatkan untuk mengembangkan produk pertanian, seperti padi, jagung hingga kedelai.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil menjelaskan, arahan ini merupakan hasil rapat terbatas (ratas) untuk melakukan riset tentang pemanfaatan kawasan hutan di Jawa.

“Intinya bagaimana memanfaatkan tentang kawasan hutan yang dikuasai Perhutani untuk tingkatkan produk pertanian, padi jagung dan kedelai,” ungkap Sofyan di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/3/2015).

Sofyan menambahkan, dalam instruksi kali ini nantinya akan ada penyesuaian regulasi mengenai pembelian pupuk dan benih. Hal ini juga untuk mendorong pemanfaatan kawasan hutan milik Perhutani itu lebih efektif.

“Supaya ide memanfaatkan lebih efektif kawasan Perhutani untuk mendukung pertanian, Pak Presiden tekankan strengtheningnya untuk kemakmuran rakyat,” tukasnya.

Sekadar informasi, dalam ratas tersebut hadir Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Dirut Perum Perhutani, dan akademisi dari Universitas Gajah Mada.

Sumber : okezone.com
Tanggal : 11 Maret 2015

Share:
[addtoany]