"Loading..."

Jumlah Wisatawan di Kab Malang Tembus 5,8 Juta

pantai-belekambangHARIANBHIRAWA.CO.ID (30/1/2017) | Gencarnya promosi pariwisata yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, telah mendapat respon publik. Hal ini terlihat dari jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Malang terus meningkat. Dan pada tahun 2016, angka wisatawan yang masuk Kabupaten Malang tercatat 5,8 juta orang pengunjung.

Dari jumlah pengunjung di tahun 2016 itu, jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara, Senin (30/1), kepada wartawan, untuk wisatawan mancanegara mencapai 129 ribu orang pengunjung. Sedangkan untuk wisatawan domistik mencapai 5,7 juta orang.

“Dan angka jumlah pengunjung tersebut lebih besar dibandingkan dua tahun silam,” ungkapnya.

Menurut dia, angka wisatawan yang berwisata di Kabupaten Malang ini, bisa tembus angka lima juta orang lebih itu. Karena Pemkab Malang terus melakukan trobosan melalui promosi yang sangat gencar terkait potensi wisata di Kabupaten Malang. Selain itu, terobosan yang dilakukannya, diantaranya sangat intents mengikuti event-event, baik itu berskala nasional maupun internasional. Sehingga hal tersebut sangat berpengaruh untuk meningkatkan jumlah para wisatawan di Kabupaten Malang.

Dengan berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, kata Made, sangat memudahkan untuk melakukan promosi pariwisata Kabupaten Malang. Seperti melalui media massa, elektronik dan media sosial (medsos).

“Masyarakat saat ini rata-rata menggunakan ponsel pintar (smartphone) yang memiliki berbagai fasilitas. sehingga informasi apa saja bisa diakses dengan mudah,” paparnya.

Lebih lanjut menurut Made, wisata di Kabupaten Malang ini, yang sedang dijual adalah wisata pantai. Sebab, berdasarkan data yang ada bahwa jumlah pantai yang ada sekarang sebanyak 91 obyek wisata pantai. Namun, data pembanding dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kantor Perhutani Malang, bahwa jumlah tempat wisata pantai di Kabupaten Malang ini, jumlahnya lebih dari yang dimiliki, yakni sebanyak 101 obyek wisata

“Obyek wisata di Kabupaten Malang ini, mayoritas wisata pantai. Sehingga wisata pantai di kabupaten ini, tidak kalah dengan daerah-daerah di Indonesia. Karena telah memiliki keindahan pantai yang dimiliki beberapa daerah di Indonesia,” kata Made.

Di antaranya, lanjut dia, keindahan Pantai Raja Ampat di Papua, di Kabupaten Malang juga memilikinya, yakni di Pantai Tiga Warna, di wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai Sanur di Bali, di Malang pun juga punya yakni Pantai Balekambang, di Wilayah Kecamatan Bantur. Dan masih banyak lagi pantai-pantai di Kabupaten Malang ini memiliki keindahan yang menajubkan.

“Untuk itu, kami bersama dinas terkait terus untuk meningkatkan perbaikan maupun pembangunan akses jalan menuju wisata pantai yang saat ini banyak dikunjungi wisatawan. Karena akses jalan yang menuju pantai tersebut, mayoritas milik KPH Perhutani. Sehingga untuk membangun jalan, Pemkab Malang melakukan kerjasama dengan Perhutani,” tandas Made. [cyn]

Sumber: harianbhirawa.co.id

Tanggal: 30 Januari 2017