"Loading..."

Kabupaten Ciamis Sukseskan Penanaman Satu Miliar Pohon

2014-12-12-cms-PENCANANGAN

Dok. Kom-PHT/Cms @2104

CIAMIS, PERHUTANI (9/12) l Kabupaten Ciamis Sukseskan Pencanangan Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon dimulai dengan kegiatan menanam yang dilakukan oleh Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis dan unsur muspida plus yang ada di Kabupaten Ciamis di lapang Desa Bahara. Rabu.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengatasi pemanasan global atau global warming yang diperlukan sebagai paru-paru dunia,
.
Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin mengatakan bahwa gerakan penanaman satu miliar pohon ini dilaksanakan setiap tanggal 28 November yang diperingati sebagai hari menanam nasional sebagai komando untuk terus melakukan penghijauan.
“Ini momentum penting untuk persatuan, dimanapun berada dengan menanam dan memelihara tanaman untuk membangun kualitas sumber daya alam dan mengurangi pemanasan global” tegasnya.
Untuk mencapai target penanaman satu milyar pohon Iing menargetkan setiap tahunnya harus dilakukan penanaman mencapai 60 ribu pohon.

Iing juga menambahkan pohon kawung atau aren jangan sembarangan ditebang dan harus dibatasi karena saat ini pohon sebagai bahan baku gula ini sudah termasuk pohon langka serta termasuk yang dilindungi.
“Itu sudah ada peraturannya jangan ditebang sembarangan, kalau mau menebang harus ada ijin dari desa atau boleh menebang tetapi harus diganti, itu juga yang sudah tidak produktif,” katanya.

“Saya menghimbau kepada seluruh perangkat desa untuk menanam pohon termasuk pohon kawung,” Iing menambahkan

Selain menanam juga harus digalakan pembuatan lubang biopori sebagai resapan air supaya air tidak hanya lewat dipermukaan akan tetapi bisa menyerap dan menjadi cadangan bila musim kemarau, pungkas iing. ( Kom-PHT/Cms/Bun)

Editor  :  Dadang K rizal

@copyright 2014

Share:
[addtoany]