"Loading..."

Kebonharjo Buat Jalan Ramah Lingkungan

2014-11-27-kbh-Jln Htn Ramah Lingkungan1

Dok.Kom-PHR/Kbh @2014

REMBANG, PERHUTANI (27/11) l Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kebonharjo membuat jalan ramah lingkungan di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ngandang Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Balo petak 140e sepanjang 10 hm untuk memudahkan dalam angkutan tebangan dengan jumlah produksi kurang lebih 1063 m3. Pekerjaan pembuatan jalan dilakukan selama dua bulan selesai (27/11). 

Sebagai pengelola hutan bersertifikat internasional, KPH Kebonharjo selalu menerapkan prinsip-prinsip Pengelolaan Hutan Lestari (PHL) dalam setiap aktifitas pekerjaannya.

Administratur Perhutani Kebonharjo, Haris Triwahyunita mengatakan bahwa disebut jalan ramah lingkungan karena dalam pembuatan jalan tersebut harus ada rekomendasi dari bidang lingkungan, antara lain: 1). Badan jalan membentuk geger (punggung) sapi. 2). Terdapat saluran. 3). Kiri kanan ada bereman. 4). Memperhatikan talud/tanggul. 5). Pembuatan bubusan/gorong-gorong. 6). Memperhatikan sediman trap/kantong air. 7). Pekerja harus menggunakan alat pelindung diri (APD).

Selain harus memenuhi aspek lingkungan, dalam PHL kita juga tidak boleh meninggalkan aspek produksi dan sosial. Untuk aspek sosial, dalam pembuatan jalan ini menggunakan 30 tenaga kerja yang merupakan masyarakat setempat, yakni dari desa Ngandang kecamatan Sale .
“Hal ini untuk melahirkan keperpihakan masyarakat pada asset kita. Demikian pula untuk produksi tebangan semaksimalnya dapat memberikan manfaat pada masyarakat desa hutan. Minimal ada peningkatan kesejahteraan” jelas Haris.

Jalan ramah lingkungan didalamnya terdapat satu jembatan dan tiga bubusan, masuk dalam wilayah pangkuan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Dharma Wana Raharja desa Wonokerto kecamatan sale Rembang. (Kom-PHT/Kbh/Damien)

Editor  :  Dadang K rizal
@copyright 2014

Share:
[addtoany]