"Loading..."

Keindahan Sunset di Puncak Bintang

2014-11-20-BDU-puncak bintang1

Dok.Kom-PHT/Bdu @2014

BANDUNG, PERHUTANI (20/11) l Perhutani Bandung Utara memiliki wisata alam baru yaitu wisata alam “Puncak Bintang” Lintas Hutan Indah Bongkor yang berada di RPH Arcamanik , BKPH Manglayang Barat , KPH Bandung Utara, secara administrasi pemerintahan masuk dalam wilayah Desa Cimenyan , Kecamatan CImenyan , Kab Bandung yang telah diresmikan akhir September 2014 lalu.

Wisata alam bukit Bintang berada di areal seluas 11hektar. fasilitas yang ada berupa mushola ,toilet , shelter , Dinding informasi , beberapa pos jaga serta lahan parkir.

Berjarak sekitar 8,5km dari arah kota Bandung , atau sekitar 3km dari wisata Caringin Tilu ( Cartil ) . Puncak Bintang bisa di tempuh menggunakan kendaraan dengan roda empat dan roda dua melalui jalur menuju Saung Angklung Ujo di jalan Padasuka . Pengunjung harus berjalan kaki sejauh 500 meter untuk menuju Puncak Bintang.

Sementara itu bagi yang ingin mengunjungi Puncak Bintang tak perlu khawatir akan merogoh kocek dalam- dalam . Tiket masuk hanya di bandrol 5 ribu rupiah .

Pemandangan kota Bandung yang dikelilingi gunung-gunung juga memantik ingatan perihal asal usul Bandung yang merupakan danau besar atau di kenal dengan istilah danau purba. Tanda- tanda Danau itu tergambar pada letak Kota Bandung yang berbentuk cekungan menyerupai ketel penggorengan.

Alunan musik menyentuh lembut di tingkahi semburat sunset yang mulai memudar, di susul nyala lampu di kawasan Kota yang tampak serupa bintik-bintik cahaya yang menggoda mata. Itulah potret keindahan senja yang tertangkap.

Ketinggian Puncak Bintang yang mencapai 1.442 diatas permukaan laut (dpl) menghadirkan banyak pesona. segarnya udara khas Hutan Pinus bertemali dengan pemandangan hamparan Kota Bandung yang memanjang mulai dari perbatasan Lembang hingga wilayah Bandung Timur.

Puncak Bintang ramai di kunjungi saat sore hari . Mereka datang untuk melihat sunset . Jika cuaca cerah, semburat jingga cahaya sunset terlihat biasnya cahanya menumpahi punggung bebukitan, dan menimbulkan efek bayangan (siluet) cahaya yang menakjubkan. Bisa jadi untuk mendapat pemandangan seperti itu di wilayah Bandung hanya bisa didapat di Puncak Bintang.

Selepas sunset pengunjung akan dimanjakan kerlip-kerlip lampu disantero Bandung yang memulai menyala pada detik-detik pergantian senja menuju malam. Sunrise juga bisa dinikmati di Puncak Bintang. Untuk pemandangan yang satu ini biasanya dinikmati oleh pengunjung yang melakukan kegiatan perkemahan.

Eksotisme lain dari Puncak Bintang adalah panorama elok dari bentangan patahan Lembang. Bagi yang ingin menikmatinya pengunjung harus berjalan menuju titik pandang. Untuk menuju Patahan Lembang, dari tugu Puncak Bintang pengunjung harus berjalan ke arah timur menembus Hutan pinus yang berjarak kurang lebih 2 km .

Puncak Bintang memiliki lampu unik ( Sign Board ) dengan warna- warni menarik dan tugu berbentuk Bintang yang berukuran cukup besar . Saat malam , di samping latar pemandangan lampu kota Bandung , lampu Bintang tersebut menjadi background favorit pengunjung saat berfoto . Bagi yang hobi fotografi , ada banyak spot pengambilan gambar di Puncak Bintang. (Kom-PHT/Bdu).

Editor : Dadang K Rizal
@copyright 2014

Share:
[addtoany]