"Loading..."

Kembangkan Wisata Bakau di Situbondo

21wisatabakau-728x372JURNALINDONESIA.NET (23/1/2017) | Pemkab Situbondo melalui Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disparpora) akan memfokuskan pembangunan sarana dan prasarana objek wisata Taman Bakau dan Pantai Tampora karena selama ini belum tersentuh dan dikelola dengan baik.

“Pada tahun anggaran 2017 kami memprioritaskan pengembangan objek wisata Taman Bakau dan Pantai di Dusun Tampora, Desa Kalianget, Kecamatan Banyuglugur,” kata Kepala Disparpora Situbondo, Basuki kepada media di Situbondo, Kamis (19/1).

Basuki mengatakan, untuk tahun pertama pemerintah daerah setempat akan membangun sarana dan prasarana (sarpras) di sekitar lokasi wisata seperti pembangunan gazebo dan toilet (MCK) serta tempat peristirahatan.

Selain itu, kata dia, guna mendukung pengembangan objek wisata Taman Bakau dan Pantai Tampora pihaknya juga akan membuat papan nama objek wisata karena selama ini belum ada papan nama yang jelas serta papan penunjuk arah jalan menuju wisata yang ada di wilayah barat itu.

“Dengan dibangunnya sarana prasarana Taman Bakau dan Pantai Tampora yang memiliki pasir yang putih ini nantinya akan menjadi tujuan wisata baru. Dan ini dilakukan melihat kunjungan wisata sudah cukup banyak yang berdatangan lokal maupun luar kota,” kata Basuki.

Menurutnya, setelah dilakukan pembangunan sarana dan prasarana sebagai penunjang objek wisata itu pemerintah daerah setempat juga akan segera berkoordinasi dengan Perum Perhutani KPH Probolinggo untuk mempersiapkan perjanjian kerja sama (PKS) karena lokasi wisata berada di lahan milik Perhutani.

“Selain perjanjian kerja sama atau PKS dengan Perhutani, nantinya kerja sama juga akan dilakukan bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat, karena masyarakat di sekitar objek wisata sangat perlu untuk terlibat langsung dalam pengelolaan wisata,” tuturnya. (sak)

Sumber: jurnalindonesia.net

Tanggal: 23 Januari 2017