"Loading..."

Perhutani KPH Banten Serahkan Dana Sharing Tebangan Tahun 2010

KPH Banten Menyerahkan Dana Sharing Produksi Tebangan tahun 2010 sebesar 473.070.679 kepada 33 LMDH yang berada di 2 kabupaten yaitu Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak, dan untuk Kabupaten Pandeglang sharing yang diserahkan sebesar Rp. 453.985.984 untuk 21 LMDH, sedangkan untuk wilayah Kabupaten Lebak sebesar Rp. 19.084.696 diserahkan kepada 12 LMDH.

Penyerahan Dana Sharing Produksi Tebangan tahun 2010 diserahkan langsung oleh Administratur/KKPH Banten, Adrian Bestari kepada ketua Paguyuban LMDH Propinsi Banten di Aula Kantor KPH Banten, 31 Januari 2012 lalu yang di hadiri 220 orang anggota LMDH se KPH Banten. Acara penyerahan sharing ini dihadiri juga oleh pejabat dinas kehutanan Provinsi Banten, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak, beberapa Camat dan Kepala Desa dari Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang serta pengurus LMDH.

Adrian Bestari dalam sambutannya mengatakan bahwa dana sharing yang diserahkan Perum Perhutani merupakan bukti nyata bahwa Perum Perhutani turut serta  dalam meningkatkan pendapatan dan mensejahterakan masyarakat khususnya masyarakat  desa sekitar hutan, sesuai dengan tujuan dari program PHBM yaitu meningkatkan peran perusahaan, masyarakat desa hutan, dan pihak  yang berkepentingan terhadap keberlanjutan  fungsi dan manfaat sumber daya hutan.

“Besarnya Sharing yang diberikan kepada LMDH adalah 25 persen dari hasil produksi dengan mempertimbangkan lamanya LMDH, umur tanaman, Administratur Perhutani berpesan agar uang yang diterima hendaknya dipergunakan sebaik-baiknya terutama untuk usaha produktif dan koperasi supaya lebih bermanfaat terutama bagi para anggota dan tidak akan timbul prasangka bahwa dana yang yang diterima hanya untuk pengurus saja,” kata Adrian.

Lebih lanjut Adrian menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah dan kepala Dinas Hutbun Propinsi yang berperan aktif terhadap kesuksesan pembangunan, keamanan dan kelestarian hutan guna meningkatkan pendapatan dan  kesejahtraan masyarakat desa sekitar hutan melalui program PHBM,sehingga diharapkan pada masa-masa yang akan datang penerimaan sharring dapat lebih merata dan dapat dirasakan oleh semua LMDH maka untuk mendapatkan itu semua adalah dengan tanaman yang selama ini ditanam oleh Perum Perhutani oleh LMDH yang memiliki pangkuan desa  harus ikut membantu menjaga, dipelihara dan mengamankan agar pertumbuhan kayu dapat sesuai dengan harapan perusahaan sehingga dengan hasil yang baik pendapatan LMDH akan lebih meningkat lagi.

Kepala Dinas Hutbun Propinsi Banten, Yanuar, meminta seluruh LMDH di Propinsi Banten untuk lebih berinisiatif dalam mengembangkan usaha produktif dan tidak hanya berkecimpung dalam hal kehutanan saja tetapi dapat melirik usaha-usaha lain yang lebih menghasilkan nilai tambah, tak lupa juga dalm sambutannya LMDH yang ada di Propinsi Banten akan dimasukan dalam Perda Propinsi Banten. (Humas KPH Banten)

Share:
[addtoany]