"Loading..."

Lahan Perhutani bisa bantu produksi kedelai

Menteri Pertanian Suswono mengatakan pemanfaatan sebagian lahan Perum Perhutani bisa membantu peningkatan produksi kedelai di Tanah Air. “Kita dapat memanfaatkan sejumlah peluang untuk meningkatkan produksi kedelai salah satunya yakni kerja sama dengan Perhutani,” kata Suswono usai rapat koordinasi di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Kamis.

Suswono mengatakan sebagian lahan milik Perhutani masih dimungkinkan untuk digunakan sebagai areal lahan produksi kedelai seperti di Banyuwangi dan Jember. “Potensi produksi kedelainya bahkan bisa sampai 1,7 ton per hektare,” ujar Suswono. Suswono mencatat, saat ini luas lahan Perhutani di Pulau Jawa yakni 1,6 juta hektare dan jika dimanfaatkan 20 persen areal lahannya saja sudah sangat membantu peningkatan produksi kedelai.

Seluas 300 ribuan hektare mustinya bisa kalau memang cocok, tapi separuhnya saja atau 150 ribu itu sudah sangat membantu produksi kedelai kita,” kata Suswono. Suswono juga menyebutkan, lahan-lahan di wilayah lainnya juga dapat dimanfaatkan untuk perluasan areal lahan produksi kedelai.

“Kalau kita lihat potensi lahan yang masih dimungkinkan untuk perluasan areal lahan kedelai itu misalnya di Aceh dan enam provinsi lainnya. Mereka sudah sepakat untuk bagi tugas,” kata Suswono. Selain itu, pemerintah juga akan mempersiapkan bibit kedelai bagi para petani. Bibit tersebut dipersiapkan di dalam negeri untuk mencapai target produksi kedelai tahun 2013 sebanyak 1,5 juta ton. “Dari litbang melalui BUMN, bibit ditangkarkan juga oleh para petani sehingga dari benih sumber jadi benih sebar dan petani akan dilibatkan di situ,” ujar Suswono.

http://www.antaranews.com/berita/
Jumat, 18 Januari 2013 02:37 WIB

Share:
[addtoany]