"Loading..."

Ini Lho Keistimewaan Wisata Hutan Pinus dan Kebun Petik Apel di Tutur, Pasuruan

kecilSURYAMALANG.TRIBUNNEWS.COM (23/1/2017) | Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, mendadak menjadi model saat setibanya di Hutan Pinus, Desa Gendro, Kecamatan Tutur – Nongkojajar, Pasuruan, Senin (23/1/2017) siang. Gus Irsyad, sapaan akrabnya, berganti seragam putih-putih dan menjadi model foto.

Dalam kesempatan ini, Gus Irsyad berlagak selayaknya model. Ia menjadi pusat perhatian para fotografer.

“Ini milik Perhutani, tapi akan kami kembangkan menjadi tempat wisata yang layak dikunjungi para wisatawan,” katanya di sel-sela kegiatan.

Dia menjelaskan, hutan pinus ini sangat cocok bagi para pecinta foto. Spotnya sangat cocok untuk mengabadikan keindahan deretan pohon pinus.

“Viewnya sangat bagus sekali. Bisa buat hunting bagi siapa pun yang hobi fotografi, selfie, wifie, dan sebagainya. Pemandangannya sangat menakjubkan,” paparnya.

Ia menjelaskan, selain keindahan panorama alamnya, kawasan ini juga memiliki udara yang sangat sejuk. Berbeda dengan hutan pinus di tempat lain, hutan pinus di Tutur ini masih alami belum terjamah sama sekali.

“Masih bersih , cocok untuk liburan keluarga. Udarannya sangat sejuk,” paparnya.

Gus Irsyad mengungkapkan, akses jalan menuju hutan pinus ini sangat baik. Jalannya tidak rusak. Pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat alami.

“Jalannya melewati perkampungan warga. Ini membuat suasana semakin santai dan nyaman untuk dikunjungi,” tandasnya.

Selepas dari hutan pinus, Bupati Pasuruan dan rombongan bergeser dan mengunjungi kebun petik apel di Desa Blarang, Kecamatan Tutur – Nongkojajar. Dalam kunjungannya ini, Bupati dan rombongan disuguhkan dengan hamparan pohon apel yang berjajar rapi lengkap dengan buahnya yang siap petik. Luasan kebun petik apel di kawasan ini kurang lebih 100 hektar.

Di lokasi ini, Bupati Pasuruan yang juga memiliki hobi fotografi ini mengeluarkan kamera kesayangannya Canon 5 D. Menggunakan lensa tele, Gus Irsyad mengambil sejumlah aktivitas yang ada di kebun petik apel, termasuk buah apel siap petik yang menjadi objeknya. Tak hanya itu, Gus Irsyad juga mengabadikan aktivitas yang dilakukan sejumlah stafnya.

Dia menjelaskan, kebun petik apel ini juga akan menjadi prioritas tempat wisata di Pasuruan yang layak dikunjungi.

Ia menyebut, penghasil apel terbaik adalah Pasuruan dari beberapa daerah yang dikenal sebagai petik apel.

Di Tutur ini, ada sejumlah jenis apel salah satu yang menjadi andalannya adalah apel jenis manalagi.

“Apel Tutur ini juara. Apelnya manis-manis dan ukurannya pun cenderung gemuk-gemuk. Bagi wisatawan silahkan datang ke Pasuruan dan dijamin tidak akan bosan,” pungkasnya.

Sumber: suryamalang.tribunnews.com

Tanggal: 23 Januari 2017