"Loading..."

Libur Lebaran Unik di Batu Flower Garden Malang

VIVA.CO.ID (28/6/2017) | Ribuan wisatawan mengunjungi berbagai tempat wisata di Kota Batu, Jawa Timur saat libur lebaran memasuki hari ketiga. Salah satunya Batu Flower Garden, yang berada di Desa Oro-oro Ombo, Kota Batu.
Batu Flower Garden menyuguhkan spot selfie terbaik dengan latar belakang Gunung Panderman. Lokasinya berada satu lokasi dengan Coban Rais dan Coban Putri yang masuk dalam kawasan Perhutani KPH Malang.
Manajer Batu Flower Garden, Soni Suparantio mengatakan, jika objek wisata yang ia kelola masih dalam tahap pengenalan. Namun Batu Flower Garden sudah banyak diketahui masyarakat berkat media sosial.
“Ini belum soft opening tapi pengunjung sudah banyak yang tahu. Pembangunan juga masih 60 persen, kurang 40 persen di penataan taman,” kata Soni, Selasa, 27 Juni 2017.
Setiap harinya sejak dikenalkan pada bulan Desember 2016 jumlah pengunjung rata-rata 300 orang. Di akhir pekan meningkat menjadi 300 hingga 500 orang. Di musim libur lebaran ini, diprediksi pengunjung bisa mencapai 1.000 setiap harinya.
“Pengunjung semakin meningkat, kita memilih membatasi kuota jika pengunjung lebih dari 800 orang kita langsung menutup loket masuk agar tidak terlalu banyak pengunjung,” ujar Soni.
“Sebenarnya tidak ada batasan tapi demi keselamatan pengunjung meski masih siang hari kita tutup,” kata Soni.
Di Batu Flower Garden wisatawan akan dimanjakan dengan 10 spot selfie beragam. Semuanya berlatar pegunungan dan hutan pinus yang masih asri. “Kita sediakan 10 spot selfie, diantaranya Flower Love, Pinus, I Love You, Hammock Tower, Garden Flower, Sepeda Udara, Ayunan, di mana ayunan menjadi favorit pengunjung,” ucap Soni.
Jam operasional normal Batu Flower Garden mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Namun pengunjung bisa saja kecewa saat jumlah kuota di area lokasi selfie penuh, loket akan ditutup oleh pengelola.
“Pengunjung tidak bisa diprediksi karena cuaca, bahkan kita akan menutup kalau kuota dan cuaca tidak memungkinkan. Ke depan akan kita konsep lebih rapi. Kita bukan mengedepankan kunjungan wisata tapi pelayanan,” papar Soni.
Tiket masuk ke Batu Flower Garden Rp25 ribu, tiket itu gratis foto di dua spot selfie, yakni di spot I Love You dan Ayunan. Sedangkan di tempat lainnya pengunjung akan dikenakan tambahan biaya Rp5 ribu hingga Rp10 ribu di masing-masing spot selfie lainnya.
Menurut Tri Agus Susilo, Koordinator Wahana Wisata Coban Rais Perum Perhutani KPH Malang, pihaknya menyediakan lahan seluas 11 hektare. Pihak Batu Flower Garden menjadi pengelola atas wisata spot selfie ini.
Untuk menjaga ekosistem alam, pihak perhutani tetap akan menjaga konservasi lingkungan dengan menanam pohon di beberapa titik lokasi. Pihak perhutani sadar banyaknya pengunjung bisa merusak lingkungan hutan.
“Sebenarnya ini belum jadi karena belum soft opening. Tapi karena maraknya media sosial lokasi ini akhirnya dengan mudah ditemukan oleh netizen, dan banyak pengunjung yang berwisata ke Coban Rais,” kata Agus.
“Di sini juga ada wahana yang masih dalam tahap pengerjaan. Kita akan tetap menjaga lingkungan dengan menanam pohon. Karena wisata ini juga masih ala kadarnya, karena kita korban media sosial yang menguntungkan,” katanya.

Sumber : viva.co.id

Tanggal : 28 Juni 2017