"Loading..."

LMDH Bisa Belajar di Rumah Pintar Petani

Dok-Kom/PHT/Blp @2014BALAPULANG – PERHUTANI (5/11) Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sujatmoko meresmikan Rumah pintar Petani (RPP) didesa Kesuben, Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. RPP tersebut merupakan percontohan di Jawa Tengah dari 35 Kota dan Kabupaten yang ada di Provinsi tersebut. Selain di Kabupaten Tegal RPP baru ada di Kabupaten Purworejo.
Peresmian RPP yang merupakan terobosan baru Pemprov Jateng ditandai dengan pembukaan papan nama dan peninjauan lokasi oleh Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Kepala SKPD, Administratur Balapulang dan Administratur Pekalongan Barat.” Keberadaan RPP harus menjadi sentra informasi bagi petani maupun LMDH, karena itu petugas harus stanby. Penyuluh harus menguasai ilmu pertanian sehingga menjadi sumber informasi kepada para petani “ kata Heru

Dalam kesempatan itu Wagub mengaharapkan petani agar bisa mengoptimalkan RPP. Dari mulai bermusyawarah, Budidaya, Panen, Penanggulangan hama, Peningkatan kuwalitas, peningkatan produk hingga pemasarannya stabil.

Selain itu Heru berharap agar RPP bisa dibentuk di tiap tiap kecamatan, teknisnya RPP bisa berinteraksi dan berpadu dengan Badan Penyuluh Pertanian yang sudah ada di tiap tiap Kecamatan.

Administratur Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Balapulang Divisi Regional Jawa Tengah Isnin Soiban saat mendampingi rombongan sangat terinspirasi dan berterimakasih, harapannya dengan adanya RPP Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di Kabupaten Tegal khususnya di wilayah KPH Balapulang bisa berpadu ngangsu kaweruh untuk menunjang kberhasilan dan kesejahteraan petani Hutan juga. (Kom-PHT/Blp/Juli)

Editor : Ruddy Purnama

@copyrigt 2014

Share:
[addtoany]