"Loading..."

Dari Malut Ke Kaltara, BUMN Kenalkan Siswa Pada Nusantara

kaltara.antaranews.com – Tarakan (Antara News Kaltara) – Sebanyak 17 siswa sekolah SLTA dan SMK dari Provinsi Maluku Utara tiba di Tarakan Kalimantan Utara dalam rangka program Siswa Mengenal Nusantara inisiasi Kementerian BUMN.

Dilaporkan, Minggu malam (13/12) para siswa diterima oleh Sekretaris Perusahaan PT Sucofindo, Noval Tajudin,  Sekretaris Perusahaan PT Pos Indonesia Amrizal dan Kepala Biro Komunikasi Perusahaan Perhutani Susetiyaningsih.

Sekretaris Perusahaan PT Pelni (Persero), Didik Prasetyo yang mendampingi siswa sejak berangkat dari Ternate mengatakan bahwa mereka adalah siswa pilihan di Maluku Utara.

“Kami serahkan ke-17 siswa dari Maluku Utara ini kepada BUMN penerima yaitu PT Sucofindo, Perum Perhutani, dan PT Pos Indonesia. Tujuh belas siswa terdiri dari 10 siswi dan 7 siswa di Maluku Utara bersama 3 orang pendamping.” demikian disampaikan Didik.

Para siswa dari Maluku Utara selanjutnya akan mengikuti program pengenalan Provinsi Kalimantan Utara selama satu minggu mulai Senin (14/12/2015).

Tiga BUMN tersebut bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Provinsi (Dikbudpora) Kalimantan Utara, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dan Pemerintah Kota Tarakan untuk mengawal program Siswa Mengenal Nusantara ini.

Menurut Noval Tajudin, dirinya telah menyiapkan jadwal bagi para siswa tersebut dibantu oleh Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Dikbudpora Kaltara, Amat Zahar.

“Rencananya mereka akan diterima resmi oleh Walikota Tarakan, kemudian akan mengikuti pembelajaran di SMA Negeri II Tarakan, kunjungan wisata edukasi Hutan Mangrove, wisata sejarah dan lainnya” demikian Noval mengatakan kepada para siswa.

Kepala Biro Komunikasi Perusahaan Perum Perhutani, Susetiyaningsih, menjelaskan bahwa kegiatan Siswa Mengenal Nusantara ini bertujuan untuk memperkenalkan, mendekatkan serta memahami makna Bhinneka Tunggal Ika dan tentu saja jiwa ke Indonesiaan wajib dimiliki para generasi muda ini.

“Kami berharap para siswa dapat lebih memahami wawasan ekonomi, budaya, tatanan sosial kemasyarakatan, pariwisata di Kalimantan Utara sebagai tempat tujuan,” katanya.

“Para siswa juga akan memahami peran BUMN sebagai salah satu penggerak ekonomi bangsa sekaligus juga memiliki tanggungjawab sosial bagi masyarakat termasuk generasi muda seperti acara yang diikuti adik-adik siswa tersebut”  demikian pesan Susetiyaningsih kepada para siswa.

Program Siswa Mengenal Nusantara adalah salah satu kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di 34 provinsi yang dicanangkan Kementerian BUMN dalam rangka memperingati 70 tahun Indonesia Merdeka.

PT Sucofindo, Perum Perhutani dan PT Pos Indonesia adalah tiga BUMN yang mendapat tugas di wilayah Kalimantan Utara.

Sebelumnya tiga BUMN ini memusatkan kegiatannya di Pulau Sebatik berupa Sembako Murah, Jalan Sehat, Upacara Bendera, Lomba-lomba, Layar Tancap, Bantuan Rumah Ibadah, Bantuan SMK, Bantuan Bedah Rumah Veteran pada acara HUT RI ke 70 Agustus lalu.

Oleh  Susetiyaningsih Sastroprawiro
Editor:iskandar zulkarnaen

Sumber: kaltara.antaranews.com
Tanggal : 14 Desember 2015