"Loading..."

Menhut Dorong Masyarakat Luar Jawa Sadar Tanam

Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan mendorong masyarakat luar Pulau Jawa untuk sadar menanam, sebab kesadaran menanamnya masih rendah yang mengakibatkan produksi kayu masih didominasi oleh Pulau Jawa.

“Kalau persediaan lahan cukup luas di sana, namun kesadaran masyarakat dalam menanam yang masih kurang, sehingga produksi kayu masih didominasi dari Pulau Jawa,” kata Zulkifli usai melihat pengolahan kayu di Perum Perhutani Kabupaten Gresik, Rabu.

Ia mengatakan, Indonesia memiliki keunggulan alam yang bagus dibanding negara lain, namun kesadaran dalam menanam yang masih kurang, sehingga produksi kayu juga tidak bisa merata di berbagai daerah.

“Kalau di Jawa masyarakatnya sudah terbiasa menanam, dan sudah menjadi budaya atau bagian hidup terutama menanam kayu, namun untuk yang di luar Jawa kini sudah mulai belajar memanfaatkan lahan, sehingga diharapkan keterbatasan produksi kayu bisa teratasi,” katanya.

Zulkifli pada kesempatan itu juga menyatakan dukunganya atas upaya Perhutani Gresik dalam mengolah bahan mentah menjadi produk jadi, sehingga mampu menaikkan kualitas kayu dan meningkatkan devisa.

Selain itu, pengolahan kayu oleh Perhutani Gresik mendukung penuh pemberdayaan masyarakat di tingkat petani, karena mampu menampung seluruh hasil hutan yang ada di wilayah Jawa Timur.(*)

Penulis : Abdul Malik / Editor : Slamet HP
antarajatim.com ::: Rabu, 13 Maret 2013 16:33:24

Share:
[addtoany]