"Loading..."

Menhut Minta Saka Pramuka Wanabakti Lakukan Inovasi Baru Yang Progresif

Pelantikan Saka wanabakti-3KBRN, Cibubur : Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan berharap Satuan Karya Pramuka Wanabakti mampu melahirkan inovasi-inovasi baru yang progresif yang akan membawa kemajuan bagi gerakan Pramuka kehutanan dalam membantu Kementerian Kehutanan mewujudkan keberasilan pengelolaan hutan yang lestari dan memberikan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan sesuai dengan misi Pramuka yakni menggerakkan anggota dan organisasi agar peduli dan tanggap terhadap masalah-masalah kemasyarakatan.

Harapan tersebut disampaikan Zulkifli Hasan selaku penasehat Satuan Karya Pramuka Wanabakti pada pelantikan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Wanabakti tingkat Nasional masa bakti 2013-2018 oleh Ketua Kwartir Nasional (Kakwarnas) Prof.Dr.dr.Azrul Azwar,MPH di Sanggar Arboretum Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur, Sabtu (2/11/2013).

“Peran serta masyarakat khususnya anggota Pramuka diharapkan mampu menjadi kader kehutanan dalam rehabilitasi kawasan hutan dan lahan-lahan kritis serta konservasi sumber daya alam hayati,” ungkap Menhut.

Program pengembangan job-creation Saka Wanabakti yang akan bekerjasama dengan Kementerian Kehutanan adalah pelatihan untuk memenuhi tenaga trampil dalam kegiatan Planologi seperti tenaga surveyor gorund check atau inventarisasi potensi dan pelaksana perpetaan, usaha kehutanan seperti pengrajin hasil hutan trampil perancang desain atau pelaku usaha pengolahan minyak atsiri.

“Partisipasi para kakak di Saka Wanabakti dalam kegiatan Daerah Aliran Sungai (DAS) diharapkan dapat mengembangkan penangkaran bibit, suppliar bibit tanaman hutan, petani lebah madu, atau petani jamur. Sedangkan untuk bidang konserbvasi dapat menberikan pelatihan bagi pemandu wisata atau penangkar satwa liar,” ujar Menteri Zulkifli Hasan.

Dia juga minta agar generasi muda dilibatkan sejak dini untuk menjadi pioneer dalam mewujudkan pengelolaan hutan yang bertanggung jawab dan menumbuhkembangkan kesadaran terhadap kecintaan pada alam.

“Disinilah anak-anak mulai menemukan arti hidup sebenarnya melalui kegiatan kepramukaan seperti menanam dan memelihara pohon, menerapkan gaya hidup ramah lingkunga, hemat energi, hemat listrik, hemat air, memilah sampah organik dan non organik serta berbagai kegiatan kepramukaan peduli lingkungan lainnya. Karena dengan memelihara lingkungan maka kita memelihara kehidupan kita sendiri,” tambah Menteri.

Sementara itu, Kakwarnas Azrul Azwar menjelaskan, sejak diyakininya Gerakan Pramuka sebagai salah satu cara untuk mendidik karakter sejak tahun 2006 sudah mulai direvitalisasi dan sejak itu sudah mulai berkembang, gugus depan makin maju dan anak-anak yang ikut berlatih menunjukkan kreatifitas.

“Kalau ini terus kita pertahankan mudah-mudahanlah kenakalan ramaja, rasa cinta tanah air yang menipis, atau anak-anak yang tidak mempunyai keterampilan apapun akan dapat dikurangi. Tidak mudah tapi kita harus melakukan walaupun dengan fasilitas yang terbatas,” tandasnya.

Pengurus Satuan Karya Pramuka Wanabakti  tingkat Nasional masa bakti 2013-2018 yang dilantik tersebut antara lain, Ketua Umum Dr.Ir.H.Bambang Sukmananto,MSc (Dirut Perum Perhutani), Ketua Harian Dr.Ir.Ida Bagus Putera Parthama,MSc, Sekretaris Umum Ir.Hezlisyah Siregar,MF.MBA, Bendahara Umum Firasat Adi,SE yang dilengkapi masing-masing 5 Wakil Ketua dan Koordinator serta beberapa anggota. Usai pelantikan juga dilaksanakan kursus Orientasi Singkat Gerakan Pramuka. (Foto KBRN/Waddi/WDA)

Sumber  : RRI Online

Tanggal  :  2 Nopember 2013

 

Share:
[addtoany]