"Loading..."

Menikmati Indahnya Gua Sekaligus Air Terjun di Sukabumi

2014-12-30-Smi-Berita Gua Buni Ayu

Dok.Kom-PHT/Smi @2014

SUKABUMI, PERHUTANI (29/12) l Wana Wisata Gua Buniayu merupakan tempat wisata edukatif yang perlu dilestarikan menuntut kita untuk arif dan bijaksana dalam memperlakukannya. lokasi tersebut berada di petak 21a dan 21 b dengan keluasan 11,60 ha RPH Ciguha, BKPH Cikawung – Gede Barat, Perum Perhutani Sukabumi.

Untuk menuju lokasi wisata Gua Buniayu dengan jarak ± 28 km dari Kota Sukabumi menuju Buniayu dan dapat ditempuh dengan waktu perjalanan selama ± 45 menit.

Fasilitas Wisata Gua Buniayu terdiri dari Mesjid, MCK, ruang serbaguna, lapangan bermain, rumah bambu, sarana hiburan (Outbound, rumah singgah, parkir, dll.)

Wana Wisata Gua Buniayu dilengkapi dengan adanya air terjun bibijilan yang mana sumber airnya dari dalam Gua itu sendiri. Konon katanya air terjun bibijilan mempunyai debit air yang relatif stabil, sehingga menjadi sumber mata air masyarakat sekitar Gua Buni Ayu.

Wisata Gua Buniayu dari panjang keseluruhannya yang dibuka untuk umum hanya sekitar 20 % dari panjang keseluruhan, bagian lainnya merupakan zona khusus untuk wisata khusus, mengingat tingkat keamanan dan kesulitan dari Gua itu sendiri, sedangkan Izin untuk memasuki zona minat khusus diberikan secara selektif oleh pemandu yang sudah berpengalaman.

Flora dan Fauna
Kawasan Wana Wisata Gua Buni Ayu termasuk kedalam tipe hujan trofis yang memiliki tegakan pohon dengan cukup banyak jenisnya, diantaranya : Puspa, Rasamala, Pinus, Rotan,dll.

Juga berbagai seperti Anggrek Tadaka,Aggrek Japati, Anggrek Bulan,Kumpay dll. Juga untuk Fauna yang ada di kawasan wana wisata Buni Ayu antara lain : Monyet Jawa Ekor Panjang, Ular Sanca.Kancil dan Aneka Burung. (Kom-PHT/Smi/Heri)

Editor : Dadang K Rizal

@copyright 2014

Share:
[addtoany]