"Loading..."

Muspika Tanggul Dan Perhutani Jember Hijaukan Titik Longsor

2014-12-24-Jbr-Longsor-web

Dok.Kom-PHT/Jbr @2014

JEMBER,  PERHUTANI (24/12)  – Muspika Tanggul bersama Perhutani Jember melakukan kegiatan penghijauan di sekitar lokasi longsor Kawasan Hutan Lindung Petak 74 wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Tanggul Kabupaten Jember. Rabu.

Camat disertai Polsek, Koramil Tanggul dan Kepala Desa Manggisan serta Perum Perhutani Jember sangat respek dan berhati-hati terhadap kejadian bencana alam yang diawali dengan kejadian tanah-tanah longsor yang sempat meluluhkan wilayah Kecamatan Tanggul pada 9 (sembilan) tahun silam.

Kegiatan lain dengan penyisiran kemungkinan timbulnya titik-titik kantong air untuk dipecah agar aliran air hujan tidak terhambat.

Kepala desa Manggisa, Moh. Holili menyatakan kami bersama Muspika dan Perhutani melakukan pengecekan langsung ke lokasi titik longsor bersama sampai tengah malam. Karena ada kekhawatiran dan trauma pada kejadian sembilan tahun lalu hingga menelan banyak korban harta dan jiwa.

Asisten Perhutani (Asper) Lereng Yang Barat, Odin Supriyadin membenarkan bahwa Ttitik longsor berada di Petak 74 Kawasan Hutan Lindung RPH Tanggul dengan keluasan sekitar 1,0 hektar.

Kita harus tetap waspada terhadap bencana dan longsor susulan karena tanah di sekitar lokasi saat ini kondisinya sangat labil, tambahnya

Administratur Perhutani Jember,  Djohan Surjoputro  menyatakan bahwa untuk mewaspadai bencana alam tersebut membentuk Tim Pantau dan Cegah Dini Bencana Alam.

“Sebagai Tim Pelaksana Harian wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lereng Yang Barat yang merupakan bagian dari Tim Pantau dan Cegah Dini Bencana Alam Perhutani Jember” tambahnya

Pelaksanaannya telah diatur dengan kegiatan Piket terpadu antara Perum Perhutani, Lingkup Kantor Camat Tangul, Anggota Polsek dan Koramil Tanggul, Lembaga Masyarakat Desa Hutan, Lingkup Desa Manggisan dan Darungan dengan Posko di Rumah Dinas Kepala Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) Tanggul sejak tanggal 22 Desember 2014 sampai tiga bulan kedepan. (Kom-PHT/Jbr)

Editor  :  Dadang K Rizal

@copyright 2014

Share:
[addtoany]