"Loading..."

Pantai Ayah Dihijaukan

Peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke-29 dan hari jadi Perhutani ke-51 lingkup Kabupaten Kebumen diisi dengan kegiatan penanaman hutan bakau yang digelar atas kerja sama Pemkab Kebumen dengan Perhutani KPH Kedu Selatan. Sebanyak 2.000 batang bibit bakau ditanam di Pantai Ayah atau Pantai Logending, Kecamatan Ayah, Kebumen.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh keluarga besar rimbawan lingkup kabupaten Kebumen, baik dari jajaran Pemerintah Kabupaten maupun Perhutani.  Bupati Kebumen yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Prahen Taryono mengatakan bahwa kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi pencegahan dan menahan abrasi pantai, pengembangan kawasan pariwisata, serta pengembangan sektor perikanan dan kelautan.

Sementara itu Administratur KPH Kedu Selatan, Toni Suratno menyatakan kesiapan Perhutani untuk mendukung kegiatan penghijauan di Kabupaten Kebumen.  Toni mengatakan pihaknya telah menyiapkan tiga program yang akan dilaksanakan, yakni melakukan percepatan penghijauan di kawasan hutan, bekerjasama dengan masyarakat dalam melakukan penghijauan serta meningkatkan produksi hasil hutan baik kayu dan bukan kayu.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Forum DAS Kebumen, M Sudjangi menambahkan bahwa penanaman bakau akan memperluas hutan bakau di Kebumen yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas DAS.

Selesai penanaman dilanjutkan melihat tanaman bakau yang sudah mulai besar dengan menggunakan perahu motor menyusuri sungai. (Hms Kds/Agus)

Share:
[addtoany]