"Loading..."

Pantai Menganti Dikunjungi 121 Ribu Pelancong

SUARAMERDEKA.COM (29/06/2018) | Selama sepuluh hari Lebaran lalu, Pantai Menganti di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen, yang dikelola pemerintdah desa setempat dan Perhutani telah dikunjungi sekitar 121 ribu pelancong.

Adapun pendapatan tiket masuk mencapai Rp 1,2 miliar. Camat Ayah Bambang Priyambodo kemarin menuturkan, pendapatan Rp 1,2 miliar itu khusus dari tiket masuk. Sebab setiap pengunjung dipungut Rp 10.000. Sedangkan perputaran uang di kawasan objek wisat pantai di bawah perbukitan itu bisa menjadi dua kali lipat.

Dia mengakui, potensi wisata di daerah Ayah belakangan ini semakin bangkit. Bahkan hanya Pantai Menganti menjadi jujugan anak muda, namun juga pantai lain di sekitarnya yang menyedot pengunjung seperti Pantai Lampon, Surumanis, Sawangan, objek wisata alam Wanalela dan Watu Bale. Berarti perkembangan wisata desa di Ayah yang berbatasan dengan Samudera Indonesia itu berkembang pesat.

Wilayah Pertanian

Namun Bambang berharap potensi wisata di Ayah tersebut didukung dengan pembangunan jalan. Infrastruktur di wilayah tersebut masih cukup berat. Kendaraan roda empat harus melalui medan jalan yang menanjak, berliku dan sempit. Idealnya jalan di kawasan pantai selatan Kecamatan Ayah diperlebar dan dihubungkan dengan akses jaringan jalan lintas selatan (JJLS).

Menurut Bambang, potensi lain yang tengah dikembangkan di wilayah tersebut yakni pertanian dan peternakan, khususnya kluster pertanian tanaman buah memiliki prospek bagus.

Selain itu juga akan dikembangkan tanamanm industri dan jamu seperti kelapa genjah enthog, tanaman biofarma seperti cabe puyang, kapulaga, merica dan pala. Dia berharap dengan pengembangan pariwisata dikuti pertanian akan bisa mengurangi keluarga miskin. Pihaknya telah mengusulkan di Musrenbang pada 2019 ada alokasi anggaran untuk bantuan bibit tanaman hortikultura di Ayah.

Sumber : suaramerdeka.com

Tanggal : 29 Juni 2018