"Loading..."

Papua Punya Lahan Sagu 1,2 Juta Hektar, Baru 5 % Dimanfaatkan

detik.com – Tanaman sagu tersebar di seluruh dunia. Persebaran tanaman sagu alam dan budidaya di dunia totalnya seluas 2,2 juta hektar. Dari total itu, sebanyak 1,4 juta hektar berada di Indonesia. Ternyata, 1,2 juta hektar dari luas pohon sagu berada di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Tanaman sagu sendiri bisa diolah menjadi bahan makanan berkarbohidrat setara nasi hingga singkong.

“1,4 juta hektar lahan sagu ada di Indonesia. Itu 1,2 juta hektar ada di Papua dan Papua Barat,” ujar Ahli Sagu dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Prof. Nadirman Haska saat ditemui di lokasi Pabrik Sagu Perhutani, Kais, Kabupaten Sorong Selatan, Rabu (30/12/2015).

Sagu yang tersebar di Pulau Papua itu 95% merupakan pohon sagu yang tumbuh secara liar, sisanya merupakan tanaman budidaya warga. Dari laham sagu yang ada, warga Papua baru memanfaatkam sekitar 5%.

Dalam 1 hektar itu bisa menghasilkan batang sagu siap olah 6-7 ton per tahunnya. Bila lahan sagu alam itu dikonversi ke lahan perkebunan maka produktivitasnya bisa meningkat tajam.

“Dikonversi jadi kebun bisa hasilkan 25 ton per tahun per hektar,” Sebutnya.

Selama ini, Indonesia baru memiliki pabrik sagu skala industri besar sebanyak 3 unit. Dari catatannya, pabrik sagu di Kais, Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat, memiliki kapasitas terbesar saat ini, karena mampu menghasilkan tepung sagu 100 ton per hari atau sampai 30.000 ton per tahun.

“Di Indonesia yang skala kecil banyak ada sekitar 78 pabrik kecil. Kapasitasnya hanya 5-20 ton per hari. Kalau yang besar ada 3 yakni Sampoerna, ANJ, sama Perhutani. Terbesar ya masih Perhutani,” Lanjutnya.

Sumber : detik.com
Tanggal : 30 Desember 2015

Share:
[addtoany]