"Loading..."

Pembangunan Kios di Lahan Kehutanan Haurgeulis

Lahan kehutanan di Haurgeulis seluas 4,2 hektar yang letaknya strategis di depan kantor Asper / BKPH setempat dalam waktu dekat akan dijadi kan sebagai lokasi pembangunan kios kios perdagangan. Untuk mendukung hal dimaksud Perum Perhutani KPH Indramayu akan menjalin kerjasama dengan calon mitra dari berbagai pihak.
Untuk mematangkan program kerjasama itu, bertempat di aula kantor Asper Haurgeulis, Se1asa (25/1) dilangsungkan pertemuan pemantapan sosialisasi kerjasama lahan Perhutani. Hadir dalam kesempatan tersebut utusan dari Badan Perizinan dan Penanaman Modal, Kantor Lingkungan Hidup, Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdangangan, Dinas Cipta Karya, serta utusan dari Pemerintah Kecamatan Haurgeulis.
Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Drs Sutrisno menyatakan mendukung adanya kerjasama itu dengan catatan pelaksanaannya harus memperhatikan dan mempertimbangkan aspek lingkungan hidup, aspek ekonomi dan aspek sosial dalam arti adanya keseimbangan antara bangunan yang didirikan dengan ruang-ruang terbuka. “Dengan penataan kawasan yang memperhatikan ketiga aspek itu maka pe1aksanaan kerjasama dimaksud akan dapat dipertanggung jawabkan,” papamya.
Menurut Asper /BKPH Haurgeulis Nanang Hilman, rencana akan dijadikannya sebagai tempat perdagangan karena lahan kehutanan tersebut sejauh ini belum dimanfaatkan secara optimal, Dengan dilakukannya kerjasama dengan pihak penanam modal maka perhutani akan memperoleh penghasilan dari uang sewa lahan tersebut.
“Hal itu selaras dengan Peraturan Pemerintah nomor 72 tahun 2010 yang menyatakan bahwa Perhutani sebagai BUMN diberikan kewenangan untuk me1akukan usaha diluar sektor kehutanan”, je1as Nanang Hilman.
Selain itu kata Hilman, pembangunan kawasan perdagangan di lahan kehutanan secara langsung mendukung program Pemerintah Kabupaten Indramayu untuk meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat yang berdampak pada peningkatan daya beli. (ck 101)
Nama Media : PELITA
Tanggal : Rabu, 26 Januari 2011/h. 5

Share:
[addtoany]