"Loading..."

Pemda-Perhutani Kerjasama Pengelolaan Pasir Putih

Radar Banyuwangi – SITUBONDO – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Situbondo terus berupaya untuk melakukan pengembangan terhadap objek wisata Pasir Putih di Kecamatan Bungatan. Salah satu langkah yang dilakukan saat ini adalah menggandeng pihak Perhutani Bondowoso.

Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto mengatakan, pemerintah sudah membicarakan kerjasama tersebut dengan pihak Perhutani. “Kita bertemu baru sekali. Tapi perhutani sangat menanggapi positif rencana tersebut,”terangnya

Dalam kerjasama tersebut, lahan milik Perhutani yang ada di sekitar wisata Pasir Putih akan dimaksimalkan pengeloaannya untuk kepentingan mendukung wisata.

“Dan secara teknis, akan dibicarakan lebih lanjut termasuk masalah modal. Apakah modal bersama, apakah masi-masing, tukar guling atau bagaimana nanti. Ini masih belum konkrit karena masih baru sekali kita bertemu” ujar Bupati.

Bupati Dadang menambahkan, kerjasama dengan Perhutani itu ada yang untuk jangka panjang, ada juga untuk jangka pendek. Jangka pendek misalnya adalah pemenuhan sarana dan prasanayang belum ada saat ini. “Misalnya tempat parkir, tempat istirahat dan lain sebagainya,” tambahnya Sedangkan untuk jangka panjang akan ada pengalihan jalan atau pembuatan jalan baru. Jalan Pantura di sekitar Pasir Putih akan menjadi jalan wisata. Sedangkan jalan baru yang dibuat akan menjadi jalan Pantura. “Sehingga kalai even-even tertentu Pantura tidak lagi macet,” terang Bupati kembali.

Seperti yang diketahui, pada akhir tahun 2011 lalu, Pemkab Situbondo menyamapikan proposal kepada Perhutani kantor devisi regional Jatim. Pemda menyampaikan keinginan tentang kerja sama rencana pemanfaatan lahan yang dikuasai Perhutani.

Dari kerja sama itu, Pemda berharap agar Pasir Putih tidak hanya sebagai tempat mampir saja. Akan tetapi bisa menjadi wisata favorit sebagai tujuan utama para wisatawan. Administratur Perhutani Bondowoso, Adi Winamo membenarkan jika ada rencana kerjasama pengelolaan aset wisata Pantai pasir Putih dengan lahan Perhutani yang ada di sekitar Pasir Putih, “Sampai sekarang masih baru tahap rencana,” terangnya, tadi malam, (bib/pri)

Sumber : Radar Banyuwangi, hal. 27 & 28
Tanggal : 11 April 2015

Share:
[addtoany]