"Loading..."

PEMKAB LAMONGAN HIJAUKAN PUNCAK WANGI

2014-12-16-Mjk-Tulisan OBIT Lamongan

Dok.Kom-PHT/Mjk @2014

MOJOKERTO, PERHUTANI (16/12) l Pemda Kabupaten Lamongan memusatkan kegiatan Aksi Penanaman Satu Milyard Pohon Indonesia, One Bilion Indonesia Trees (OBIT) Kabupaten Lamongan di Desa Puncak Wangi Kec Babat Kabupten Lamongan.

Kegiatan penanaman pohon diikuti oleh TNI, Polri, masyarakat, Pramuka, Pelajar dan karyawan dinas instansi .

Dipilihnya Desa Puncak Wangi sebagai lokasi kegiatan OBIT tahun 2014 karena pada lokasi tersebut terdapat sendang/danau yang pada akhir-akhir ini kondisi airnya sudah berkurang serta dengan kondisi yang berbukit dimana banyak tempat yang tidak ada tanamannya.

Sebelumnya di lokasi tersebut banyak terdapat pohon kenanga sehingga jika malam hari menyebarkan bau harum bunga kenanga, namun sekarang tumbuhan tersebut berkurang, untuk itulah mengapa tempat tersebut disebut dengan Puncak Wangi.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Lamongan, Aris Setiadi menyatakan bahwa maksud dan tujuan dilaksannya OBIT adalah sebagai sarana edukasi dalam pentingya menanam dan memelihara pohon yang bertujuan untuk mencegah banjir, tanah longsor, serta penyelamatan sumber mata air.

Bupati Lamongan, H Fadeli menyatakan bahwa kegiatan OBIT adalah merupakan kegiatan yang serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia dan Kab. Lamongan baru dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2014. Penanaman dan memelihara pohon harus digalakkan di Kab. Lamongan, dari 1 Milyard pohon yang direncanakan sampai saat ini Kab. Lamongan sudah mencapai 900 ribu pohon.

Bupati Lamongan juga menyampaiakn terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah mendukung kegiatan penanaman termasuk perum perhutani KPH Mojokerto, KPH Tuban dan KPH Jombang yang telah ikut berpartisipasi dalam mensukseskan pelaksanaan OBIT.

Puncak aksi penanaman ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Bupati Lamongan dan dilanjutkan dengan penanaman Pohon oleh Bupati lamongan beserta Istri dan segenap anggota Forpinda Lamongan serta seluruh kepala Dinas Instansi lainnya.

Dalam acara ini diserahkan penghargaan kepada Camat yang melakukan kegiatan OBIT di wilayahnya antara lain Juarai I Camat Ngimbang, Juara II Camat Kedungpring dan Camat Sambeng ketiga Camat tersebut wilayahnya juga berbatasan dengan hutan KPH Mojokerto diserahkan piagam penghargaan kepada Harnoto sebagai Juara II Mandor Tanaman terbaik Perum Perhutani dalam Lomba Wana Lestari Tingkat Nasional serta penyerahan piagam penghargaan kepada Markat, Ketua LMDH Wana Lestari Ds. Kedukbembem sebagai Juara III Tingkat Propinsi Jatim pada lomba Wana Lestari untuk tingkat LMDH. (Kom-PHT/Mjk-Sulis)

Share:
[addtoany]