"Loading..."

Peran Lembaga Masyarakat Desa Hutan Dioptimalkan

kecilSATELIT NEWS (27/12/2016) | Lembaga Ma­syarakat Desa Hutan (LMDH) adalah perkumpulan di desa ma­syarakat hutan yang ber­batasan dengan kawasan hutan Negara (Perum Perhutani KPH Banten). LMDH dan pemerintah merupakan mitra yang beker­jasama dalam pengelolaan sum­ber daya hutan.

Di Provinsi Banten, tercatat sekitar 204 desa yang berang­gotakan sekitar 160.000 orang, yang berbatasan dengan ka­wasan hutan Perhutani, dan sudah ada LMDH-nya. Bebe­rapa program pelestarian yang selama ini dikerjasamakan diantaranya, perencanaan, pe­ngelolaan, pemeliharaan, dan produksi, termasuk menjaga kelestarian serta keamanan ka­wasan hutan dari mulai ekologinya, peningkatan ekonomi masyarakat, juga peningkatan hubungan sosial masyarakat.

Kepala Sub Bidang (Kasu­bid) Kelembagaan Penyuluhan pada Badan Ketahanan Pan­gan dan Penyuluhan (BKPP) Provinsi Banten Syarif me­nyatakan, untuk terus memo­tivasi peran LMDH pada sek­tor pelestarian dan keamanan kawasan hutan, pihaknya memberikan dorongan atau motivasi di tahun 2016 ini, be­berapa hadiah diberikan ke­pada LMDH berprestasi dalam kategori penyuluh terbaik.

“Para pemenang dianta­ranya, juara pertama LMDH Karya Sejati Desa Kecamatan Cigemblong Kabupaten Lebak binaan Perhutani RPH/BKPH Malingping yang memperoleh 1 buah laptop dan piagam-SK Gubernur Banten diterima Komarudin (Ketua, red). Pe­ringkat kedua LMDH Cinta Alam Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang binaan RPH/BKPH Cikeusik diterima oleh Empud Nahrawi, dan peringkat ketiga LMDH Karya Bakti RPH/BKPH Ciomas Ka­bupaten Serang,” kata Syarif, Senin (26/12).

Para pemenang itu tam­bahnya, ditetapkan berdasar­kan SK Gubernur Banten No­mor 002.6/Kep.442-Huk/2016 tentang penetapan pemenang kelembagaan penyuluhan bi­dang pertanian, perikanan, dan kehutanan berprestasitingkat Provinsi Banten 2016.

Terpisah, Kepala BKPP Provinsi Banten Khairul Amri Chan menyatakan, pihaknya terus berupaya memberikan perhatian kepada sektor per­tanian, perikanan, dan kehu­tanan dengan berkoordinasi bersama stakeholder terkait. Karena, Banten merupakan daerah yang memiliki potensi di tiga sektor tersebut.

“Para tenaga penyuluh terse­bar di seluruh Kabupaten/kota Banten. Mereka terjun lang­sung kepada masyarakat. Dengan pembinaan yang intens, diharapkan mampu mening­katkan produksi pada sektor-sektor tersebut, termasuk pe­ningkatan kesejahteraan para petani, nelayan serta masyara­kat di kawasan LMDH terse­but,” imbuhnya, (mardiana)

Sumber : Satelit News, hal. 10

Tanggal : 27 Desember 2016