"Loading..."

Masyarakat Kabupaten Brebes Terima Manfaat Sharing Produksi Perhutani

2014-6-19-Pemalang Sharing Kayu-web

Dok PR/Kanpus @2014

BREBES, PERHUTANI – (17/6),  Perhutani Pekalongan Barat dan Perhutani Balapulang bagikan  dana bagi hasil / sharing  produksi kayu dan non kayu kepada 90 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) tahun 2013 senilai  Rp. 810.310.639,- se- Kabupaten Brebes di Desa Songgom lor Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes dengan disaksikan Muspida, Camat, Kepala Desa dan Pengurus LMDH.  Selasa.

Dana sharing tersebut berasal dari KPH pekalongan Barat senilai Rp.417.772.840,- untuk 53 LMDH, dan Rp.392.537.799,- dari KPH Balapulang untuk 37 LMDH.

Penyerahan dana sharing tersebut diserahkan secara simbolis oleh masing masing Administratur Perhutani Pekalongan Barat A.Fadjar Agung Susetyo dan Administratur Perhutani Balapulang  Isnin Soiban kepada Bupati Brebes yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Brebes H. Muhamad Iqbal selanjutnya  oleh Sekda diserahkan kepada Ketua Paguyuban LMDH Kabupaten Brebes Estu Susilo mewakili LMDH.

HM Iqbal dalam  membacakan sambutan Bupati Brebes, mengajak masyarakat yang terwadahi LMDH untuk bersama-sama memanfaatkan dan mengelola hutan yang ada dengan baik, untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

Lebih lanjut H. M Iqbal mengucapkan terimakasih kepada Perum Perhutani, baik Perhutani Pekalongan Barat maupun Balapulang dan juga  masyarakat Brebes yang telah menjalin kerjasama dengan baik dalam mengelola hutan. Ini merupakan kerjasama yang baik antara Perhutani dan Masyarakat, kerjasama ini sangat-sangat bemanfaat bagi masyarakat kami, oleh karena itu saya sangat berterimakasih banyak kepada Perhutani yang telah bermitra dengan masyarakat dalam mengelola hutan dengan baik. “Pada kesempatan ini  pula saya  atas nama Bupati Brebes menyerahkan bantuan berupa satu unit mesin penumbuk kopi untuk diberikan kepada LMDH.” Tambah M. Iqbal.

Sementara itu Administratur Balapulang Isnin Soiban, dalam memberikan sambutan atas nama Perhutani  Pekalongan Barat dan Balapulang mengatakan, inti dari kemitraan ini (LMDH dengan Perhutani) adalah bagaimana kita bisa memperoleh  manfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat. Dan kemanfaatannya bisa dirasakan bersama-sama tanpa memiliki.

“Dana sharing yang kita berikan kepada masyarakat brebes selama ini telah mencapai ± 6,5 milyar lebih sejak tahun 2003 sampai dengan 2014 ini, dari 2 KPH : Balapulang dan Pekalongan Barat.”   tambah Isnin.

“Hutan adalah milik negara yang diamanahkan kepada Perhutani untuk mengelolanya. Masyarakat tidak boleh memiliki, hanya untuk kemanfaatannya saja, maka saya nitip kepada masyarakat untuk dijaga kelestariannya.” (@humaspkb/tofik).

Editor  :  Dadang K Rizal

@copyright 2014

Share:
[addtoany]